Senin, 25 Juni 2018 |
News Room

Kapal Sepanjang 66 Meter Akan Dimiliki Basarnas

Selasa, 20 Feb 2018 | 18:25 WIB Dibaca: 381 Pengunjung

Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI, M. Syaugi saat memperingati HUT Ke-46 Basarnas di Lapangan Desa Margajaya, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Selasa (20/2/2018).*

LEBAK, [NEWSmedia] - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) merencanakan tahun ini akan membeli kapal supply sepanjang 66 meter yang akan digunakan sebagai supplier bagi kapal-kapal lain jika terjadi operasi di tengah laut yang jaraknya cukup jauh.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI, M. Syaugi saat memperingati HUT Ke-46 Basarnas di Lapangan Desa Margajaya, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Selasa (20/2/2018).

"Dari segi peralatan, juga harus ditingkatkan, baik perlatan di darat, udara dan laut, jadi setiap tahun kita berikan prioritas, contohnya di tahun ini, kita akan beli kapal yang panjanganya 66 meter, itu kapal supply untuk menyuplai kapal-kapal lainnya apabila terjadi operasi di tengah laut yang jaraknya cukup jauh," kata Syaugi kepada awak media.

Ia mengungkapkan, selain kapal, pihaknya juga berencana akan membeli helikopter yang dapat digunakan untuk menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia.

"Untuk alat udara, kita juga akan beli helikopter, untuk menjangkau daerah-daerah yang susah, tapi kita juga harus siapkan SDM yang kuat, SDM maju tapi kalau kita engga kompak, ngga bisa, harus bersinergi dengan semua potensi SAR yang ada," terangnya.

Ia menjelaskan, meski alat-alat tersebut baru diajukan pada tahun 2018, namun biasanya, selesai pengadaan memakan waktu selama lebih satu tahun.

"Biasanya selesai lebih dari satu tahun, tahun kemaren kita resmikan lima kapal dengan panjang 40 meter, nanti tahun depan kita resmikan lagi," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Kapal Sepanjang 66 Meter Akan Dimiliki Basarnas
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top