Sabtu, 17 November 2018 |
News Room - Pemerintahan - Info Mudik 2017

Kadishub Cilegon: Bus Naikkan Tarif Diluar Ketentuan akan Dipidana

Selasa, 20 Jun 2017 | 13:44 WIB Dibaca: 351 Pengunjung

Suasana Terminal Terpadu Merak.*

CILEGON, [NEWSmedia] – Dinas Perhubungan Kota Cilegon akan memberikan sanksi tegas kepada para pengusaha bus yang menaikkan tarif bus diluar ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah, bahkan akan dipidanakan jika tetap membandel.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Cilegon, Andi Affandi yang menyebutkan bahwa Kementrian Perhubungan sudah menentukan kenaikan tarif angkutan lebaran 2017 sebesar 30 persen dari harga tarif normal. Apabila ada bus yang memberlakukan kenaikan tarif hingga 80 persen kepada pemudik, maka Pemerintah akan mengambil tindakan tegas.

“Jelas ada sanksi yang akan diterima oleh mereka jika kenaikan tarif yang sudah ditentukan tersebut lebih tinggi dari yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” tegas Andi.

Selain sanksi berupa teguran lisan dan tulisan, pengusaha bus juga bisa dipidanakan oleh pihak kepolisian. Untuk itu, dirinya menghimbau kepada para pengusaha bus untuk mentaati aturan tarif yang sudah ditentukan oleh Pemerintah.

“Yang jelas sanksi pidana bahkan kurungan penjara pun dipastikan akan pengusaha bus terima. Karena, mereka sudah meresahkan masyarakat dengan menaikkan harga tarif bus dengan harga yang terlampau tinggi,” ujarnya.

Andi meminta agar kenaikan tarif bus harus resmi dan sesuai dengan pemberlakuan aturan yang sudah ditetapkan, yakni sebesar 30 persen.

“Kok aturan dilanggar sama mereka. Kan sudah jelas dalam aturan tersebut, pengusaha bus hanya boleh menaikan tarif bus sebesa 30 persen. Nah, saat ini udah mencapai 80 persen. Kalau tarif tersebut juga enggak dikaji kembali oleh para pengusaha bus secara otomatis pengusaha tersebut akan terancam dipidanakan,” katanya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya akan melakukan pengecekan secara langsung ke terminal bus yang di Kota Cilegon. Bahkan, dia meminta masyarakat segera melaporkan kepada instansi terkait, apabila menemui ada bus yang menaikkan tarif di luar ketentuan pemerintah. [Red/Banpos]

Penulis: Red/banpos
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Kadishub Cilegon: Bus Naikkan Tarif Diluar Ketentuan akan Dipidana
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top