Kamis, 24 Mei 2018 |
News Room - Pendidikan

Kabupaten Serang Darurat Sekolah Rusak!

Senin, 20 Feb 2017 | 20:15 WIB Dibaca: 990 Pengunjung

Sekretaris Dindikbud Kabupaten Serang, Sarjudin AD di Cipocok Jaya Kota Serang, Senin (20/2/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - 1.406 ruang kelas di Kabupaten Serang pada berdasarkan data tahun 2016, mengalami kondisi yang sangat memprihatinkan. Dari kebutuhan Rp109 Milyar untuk perbaikan ruang kelas yang rusak, Pemkab Serang hanya mengalokasikan Rp14 Milyar pada APBD 2016.

Pada tahun 2017 ini, Pemerintah Kabupaten Serang telah menyiapkan alokasi dana sebesar Rp40 Milyar dari APBD untuk rehabilitasi 114 ruang sekolah yang rusak.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, Sarjudin AD saat melakukan dialog interaktif bersama YAPPIKA ActionAid di Kebon Kubil Cipocok Jaya Kota Serang,  Senin (20/2/2017).

"Target 114 ruang kelas dari rencana APBD murni, itu belum termasuk dana alokasi khusus (DAK), kalau DAK kita masih menunggu Permendikbudnya nanti kita alokasikan, yang dari APBD total 40 Milyar kurang lebih," kata Sarjudin kepada awak media.

Ia mengatakan, banyaknya ruang kelas yang rusak di Kabupaten Serang, hal tersebut terjadi karena tata kelola yang dilakukan kurang baik, meski demikian, pihaknya berkomitmen untuk memperbaiki ruang-ruang kelas yang rusak tersebut.

"Yang penting kita skala prioritasnys bukan kepentingannya, kalau dari Pemda kita pakai APBD dan itu masih dalamm proses perencanaan di Dinas Permukiman, mereka yang merencanakan perbaikannya, kemudian anggaran menyesuaikan," terangnya.

Ia menegaskan, untuk saat ini, pihaknya masih melakukan pendataan terhadap sekolah yang memiliki ruang kelas yang rusak dengan melakukan kunjungan dan survei ke sekolah-sekolah tersebut untuk memastikan kebenarannya, sehingga tidak ada lagi data yang non valid.

"Survei sampai bulan Maret, setelah itu kita masukan datanya dan dikirim ke Kementerian, nanti dari Kementerian ketika mau ngasih bantuan, tinggal klik ke sekolah mana yang mau dibantu, sekarang tidak ada yang menggunakan proposal, semuanya online, makanya data ini penting," pungkasnya. [Ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Petunjuk Jalan ke 'Banten Lama' Disoal
Rabu, 23 Mei 2018 | 20:56 WIB
Petunjuk Jalan ke 'Banten Lama' Disoal
Ini Lokasi Bazar Sembako Murah di Kota Serang
Rabu, 23 Mei 2018 | 16:31 WIB
Ini Lokasi Bazar Sembako Murah di Kota Serang

KOMENTAR

Kabupaten Serang Darurat Sekolah Rusak!

BERITA TERKAIT

POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top