Rabu, 23 Juni 2021 |
News Room - Hukum

Jumlah Penghuni Rutan dan Lapas di Banten Melebihi Kapasitas

Jumat, 27 Apr 2018 | 18:03 WIB Dibaca: 637 Pengunjung

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Dewa Putu Gede (Dok: NEWSmedia).*

TANGERANG, [NEWSmedia] - Jumlah penghuni rumah tahanan (Rutan) dan lembaga pemasyarakatan (Lapas) yang tersebar di 13 titik di Provinsi Banten over capacity atau melebihi kapasitas.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Dewa Putu Gede setelah upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 54 Tahun 2018 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Kota Tangerang, Jumat (27/04/2018).

"Ada sekira 10.125 warga binaan dan narapidana yang tersebar di 13 Rutan dan Lapas wilayah Banten, kita kelebihan sekitar 40 persen atau 4.050 orang,” kata Dewa.

Ia menjelaskan, dengan banyaknya warga binaan dan napi di Banten, pihaknya juga kekurangan petugas untuk menjaga lapas dan rutan tersebut.

“Saya lupa persisnya jumlah petugas itu berapa, tapi yang jelas ada ribuan. Kami juga sudah merekrut 415 petugas dan akan disebar di Lapas dan Rutan Banten. Itu juga masih kurang banyak,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten,  Andika Hazrumy menuturkan, persoalan over capacity yang selama ini dialami sebagian besar Lapas di Banten merupakan sebuah persoalan yang harus segera dicari solusinya lantaran berkaitan dengan memperlakukan warga binaan secara manusiawi.

“Kan gak manusiawi kalau misalnya sel dengan kapasitas 4 orang, misalnya harus terpaksa diisi oleh 10 orang atau lebih,” kata Andika.

Dengan demikian, lanjut Andika, pihaknya akan memberikan langkah-langkah bantuan kepada Kantor Kemenkumham Banten sesuai dengan kapasitas dan kewenangan pemerintah provinsi.

"Sangat bisa pemda membantu melalui hibah lahan misalnya kepada Kemenkumham untuk pembangunan Lapas. Ini yang sedang Pak Gubernur dan saya upayakan ke depan,” pungkasnya. [dham]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Jumlah Penghuni Rutan dan Lapas di Banten Melebihi Kapasitas
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top