Rabu, 23 September 2020 |
News Room - Ekonomi

Jokowi Tagih Penurunan Harga Gas Tujuh Industri ke Jonan

Rabu, 25 Jan 2017 | 07:02 WIB Dibaca: 740 Pengunjung

Presiden Joko Widodo (Jokowi).*

[NEWSmedia] - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanyakan perkembangan penerapan Peraturan Presiden nomor 40 Tahun 2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Dalam rapat terbatas, Jokowi secara spesifik meminta laporan Jonan dan Airlangga terhadap tujuh bidang industri yang direncanakan mendapat penurunan harga.

"Apakah ada kendala di lapangan? Terutama pada tujuh bidang industru yang ditetapkan sebagai pengguna penurun harga gas?" ujar Jokowi di Kantor Presiden, Selasa (24/1).

Dari tujuh bidang industri, baru tiga yang resmi mendapat penurunan harga, yakni pupuk, baja, dan petrokimia. Penetapan harga gas khusus diberikan terhitung per 1 Januari lalu. Keputusan ini dipayungi hukum melalui Peraturan Menteri ESDM.

Sementara itu, empat sektor lainnya yakni industri oleochemical, industri kaca, industri keramik, dan industri sarung tangan karet belum dapat menikmati harga gas khusus.

Jokowi menegaskan, jajaran menteri terkait benar-benar menghitung secara tepat dalam menetapkan harga gas untuk industri. Menurutnya, hal itu nantinya berdampak pada daya saing dan industri hilir Indonesia.

"Saya minta harga gas ini betul-betul dikalkulasi lagi, konkret dampaknya bukan hanya peningkatan daya saing produk kita tapi juga penciptaan nilai tambah pengembangan industri hilir," tegas mantan Wali Kota Solo ini.

Sebelumnya, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyatakan pemerintah masih mengkaji penurunan harga gas bagi sektor industri kaca dan keramik. Kajian dilakukan mulai dari perhitungan di hulu kedua industri.

Ia menilai kedua sektor ini berpeluang diturunkan harganya meski tak berkontribusi besar pada biaya operasional industri. Berdasarkan perhitungan Kementerian ESDM, pengaruh penurunan harga kedua sektor terhadap pendapatan tak akan sebesar penurunan terhadap tiga sektor sebelumnya. [cnn]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Jokowi Tagih Penurunan Harga Gas Tujuh Industri ke Jonan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top