Selasa, 11 Desember 2018 |
Lifestyle

Jika Anak Suka Memukul, Begini Cara Mengatasinya

Rabu, 09 Nov 2016 | 06:32 WIB Dibaca: 2115 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Dalam pergaulan, terkadang ada beberapa anak yang suka memukul. Bisa saja ini terjadi pada anak Anda ketika bermain. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan cara yang lembut tetapi tegas.

Sampaikan padanya untuk menghargai orang lain dan menjelaskan mengapa memukul tidak diperbolehkan. Simak ulasan, Selasa (8/11/2016) berikut ini:

Hentikan dengan tegas

Ketika Anda melihat si kecil siap memukul temannya, pegang tangannya dan segera jauhkan dari yang lain. Katakan “Berhenti” dengan nada yang tegas tapi tanpa kemarahan.

Tenang dan terkendali

Dalam situasi ini, hadapi anak dengan tenang dan terkendali. Jangan memarahi dan berteriak kepadanya karena Anda sedang ingin menghilangkan hal negatif pada si kecil. Jangan sampai teriakan Anda justru membuat si kecil semakin kesal dan ikut berteriak.

Jelaskan kenapa memukul tidak baik

Jelaskan padanya mengapa memukul tidak boleh dilakukan. Katakan padanya bahwa marah dan kesal tidak apa-apa, tetapi memukul sama sekali tidak diperbolehkan. Karena, memukul menyakitkan untuk orang lain. Jelaskan padanya bahwa tangan bukan untuk memukul dan menyakiti orang lain.

Katakan yang harus dilakukan

Katakan dan tunjukkan pada si kecil apa yang harus mereka lakukan. Jika temannya membuatnya marah, ajarkan padanya untuk mengatakan “Berhenti” tanpa harus memukulnya. Ajarkan mereka cara yang baik untuk bersosialisasi, seperti berkata “Tolong berikan padaku” atau “Bantu aku” tanpa harus memaksa dan mengancam akan memukul.

Puji dia

Setelah Anda mengajarkan beberapa hal di atas dan si kecil mempraktikkannya, beri dia pujian. Misalnya, ketika Anda menyentuh dengan lembut, ucapkan “Kamu menyentuh ibu dengan baik”. [04]

Penulis: Okz
Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Jika Anak Suka Memukul, Begini Cara Mengatasinya

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top