Sabtu, 17 November 2018 |
News Room

Jihad 'Zaman Now' Meredam Suhu Politik yang Memanas

Rabu, 07 Nov 2018 | 19:37 WIB Dibaca: 93 Pengunjung

Dialog Kebangsaan BEM/ Dema PTAI di Kota Serang, Rabu (7/11/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Forum Komunikasi BEM/ Dema Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) se-Indonesia menggelar Dialog Kebangsaan di Saung Edi, Kota Serang, Rabu (7/11/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut sebagai narasumber Ketua Majelis Pesantren Salafiyah (MPS) Provinsi Banten, Matin Syarqowi, Pengamat Politik, Surya Permana dan Redaktur Media Online di Banten, Wahyu Arya.

"Jihad jaman now, tidak lagi dalam bentuk perang membawa senjata, tapi melalui media sosial, tentu dengan men-share yang baik-baik. Mari kita belajar yang baik-baik, agar ibadah kita tentram, itu jihad kita saat ini. Jangan sampai bentar-bentar menuduh kafir," kata Matin.

Sementara itu, Pengamat Politik, Surya Permana dalam diskusinya menyampaikan, masyarakat saat ini, terutama netizen, selalu disuguhkan dengan keributan di dunia maya, yang selalu memainkan emosi para warga net.

"Trendnya saat ini, fase politik, potongan berita, dikomentari, dikritik, diberikan potongan video, dikomentari lagi. Berita malam, pagi dibahas, besok muncul baru lagi, terus begitu, di sisi lain, hoax juga bisa menghancurkan nalar, kalau berita hoax ditanggapi, maka dia akan senang, karena dia tahu pasti akan viral," katanya

Di tempat yang sama, Redaktur Media Online di Banten, Wahyu Arya menuturkan, dilihat dari sudut pandang seorang jurnalis, berita bohong atau hoax adalah musuh bersama yang harus diperangi.

"Media punya cara sendiri untuk menyaring beritanya, tapi faktanya, hari ini semua orang merasa sebagai jurnalis, langsung mensharing segala sesuatu tanpa disaring terlebih dahulu," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Jihad 'Zaman Now' Meredam Suhu Politik yang Memanas
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top