Rabu, 21 Agustus 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Jenis Susu Ini yang Bikin Anak Tambah Tinggi

Sabtu, 17 Jun 2017 | 06:31 WIB Dibaca: 821 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Susu bisa menambah tinggi badan anak? Hal ini ternyata tidaklah keliru. Hanya saja, dalam studi terbaru disebutkan bahwa susu sapi yang memiliki manfaat paling baik menambah tinggi badan anak.

"Dibandingkan susu kedelai, almond, atau susu lainnya, anak-anak yang minum susu sapi lebih tinggi 0,2 sentimeter (0,08 inci)," tulis peneliti dari Kanada.

Menurut studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, dari 5 ribu anak berusia tiga tahun yang minum tiga cangkir susu non-sapi setiap hari, setengah inci lebih pendek dibandingkan anak yang minum susu sapi dalam jumlah yang sama.

Pemimpin penelitian, Dr Jonathon Maguire dari Rumah Sakit St Michael di Toronto tak menampik bila anak-anak ini mungkin memiliki perbedaan pola makan. Namun kandungan gizi pada susu cukup memenuhi nutrisi mereka.

Spesialis gizi anak yang tidak terlibat dalam studi tersebut juga setuju. "Dengan pengecualian susu kedelai, produk lain (non-susu) hampir tidak ada protein," kata ahli diet terdaftar di Nicklaus Children Hospital, di Miami, Erin Corrigan.

Kalau menyangkut lemak, kata dia, santan kelapa memiliki jumlah yang relatif lebih tinggi. Tapi ada banyak susu sapi yang mengandung sedikit lemak dan baik untuk orang dewasa--tapi tidak untuk balita, tutur Corrigan.

Plus, kalsium dari susu non-sapi umumnya tidak begitu diserap seperti kalsium dalam susu sapi.

"Tapi orangtua harus paham soal membaca label nutrisi. Mereka harus paham kebutuhan protein, lemak dan nutrisi lainnya," kata Corrigan.

Tapi sepenting apakah tinggi anak?

Menurut Maguire, tinggi badan merupakan indikator keseluruhan "status gizi" dan perkembangannya. Jadi orangtua tidak boleh menyepelekan hal ini. Namun dia juga mengingatkan varian rasa pada susu.

"Anak-anak suka susu dengan pemanis seperti cokelat, vanila dan sebagainya. Namun penting bagi orangtua untuk menghindari produk dengan pemanis buatan (tambahan gula) pada susu," katanya. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Jenis Susu Ini yang Bikin Anak Tambah Tinggi

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top