Jumat, 20 Juli 2018 |
News Gallery - Lifestyle

Jenis Olah Raga Terbaik Bagi Tubuh Menurut Studi

Selasa, 17 Okt 2017 | 09:36 WIB Dibaca: 365 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Dampak baik olahraga bagi tubuh telah disepakati hampir seluruh pakar di dunia. Sebagai pelengkap, pakar di Harvard Medical School di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, mengungkap jenis olahraga terbaik bagi tubuh.

Studi dilakukan oleh seorang profesor bidang pengobatan bernama I-Min Lee dalam laporannya yang berjudul "Starting to Exercise". Berikut lima jenis olah raga yang dianggap terbaik beserta alasannya, dikutip dari laman Metro.

Berenang
Berenang dikategorikan sebagai bentuk olah raga yang sempurna. Saat berenang, hampir seluruh otot tubuh digunakan sehingga meningkatkan detak jantung, meredakan depresi dan stres, serta melindungi otak dari penuaan dini.

Tai chi
Gerakan perlahan dan meditatif ini baik untuk meningkatkan konsentrasi dan menenangkan pikiran. Lee menyebut olahraga ini baik untuk orang yang lebih tua karena melatih keseimbangan dan kebugaran yang mulai terkikis.

Latihan beban
Berlatih mengangkat beban berat atau ringan, seperti push up, bisa berguna meningkatkan kekuatan otot. Lee menyarankan latihan angkat beban selama 10 menit sehari dengan lima variasi gerakan berbeda, minimal dua kali dalam sepekan.

Jalan kaki
Berjalan santai dengan kecepatan sedang selama 30 menit setiap hari disebut Lee berdampak baik bagi tubuh dan otak. Ia mengutip studi lain yang menemukan bahwa lansia berusia 60 sampai 88 tahun dengan kebiasaan itu memiliki memori yang lebih baik.

Senam kegel
Gerakan senam kegel bertujuan mengencangkan otot panggul bawah, dan disarankan melakukannya sekitar 30 detik sehari. Olahraga ini perlu untuk lelaki maupun perempuan, karena otot rahim, kandung kemih, usus halus, dan rektum mulai melemah seiring bertambahnya usia. [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Gejala Leukemia Pada Anak-anak
Jumat, 20 Jul 2018 | 06:31 WIB
Gejala Leukemia Pada Anak-anak

KOMENTAR

Jenis Olah Raga Terbaik Bagi Tubuh Menurut Studi

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top