Minggu, 05 Juli 2020 |
News Room - Politik

Jelang Pilgub Banten, Visi-Misi Calon Belum Diketahui Warga Terpencil

Jumat, 10 Feb 2017 | 13:56 WIB Dibaca: 757 Pengunjung

Kedua Pasangan Calon GUbernur dan Wakil Gubernur Banten

SERANG, [NEWSmedia] - Beberapa hari menjelang pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Banten 2017, masyarakat tidak semuanya mengetahui visi dan misi kedua paslon gubernur. Warga terpencil yang tidak bersentuhan langsung dengan media arus utama ataupun media sosial dinilai tak mengetahui dengan program yang ditawarkan pasangan calon Pilgub Banten 2017.

Kurangnya sosialisasi yang menyentuh arus bawah,  dikatakan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Agus Safari. dikarenakan sarana dan prasarana untuk kampanye dinilai masih minim. Selain itu, masyarakat di pedalaman Banten juga menjadi tantangan tersendiri atas tidak terkenalnya program yang diusung pasangan cagub Banten.

"Di Banten itu kan beda dengan DKI, kalau di DKI mungkin masyarakat sangat familiar dengan media sosial, tapi di Banten kan tidak semuanya. tidak semua membaca media cetak, TV dan sebagainya," kata Agus, Jumat (10/2/2017).

Dari keterbatasan itu, kata Agus, masyarakat hanya mengenal sosok calon gubernurnya saja tanpa mengetauhi program dari yang diusung masing-masing calon. Pendekatan kepada masyarakat kalangan bawah dan terpencil menjadi sosulis utama untuk calon dalam mensosialisasikan visi-misinya.

Agus menjelaskan, masyarakat perlu tahu secara mendalam program-program dari setiap paslon agar mereka mampu menilai dan belajar untuk dewasa dalam berdemokrasi. Selain itu, kekhawatiran ‘memilih kucing dalam karung’ juga menjadi faktor yang ditakutkan ketika masyarakat tidak mengetahui isi program masing-masing calon.

"Tapi kalau di kota-kota saya pikir orang sudah tahu siapa Rano Karno, siapa Embay, siapa WH (Wahidin Halim), dan siapa Andika sudah tau semua. Dan yang perlu dilakukan itu ke wilayah-wilayah masyarakat di pinggiran Banten," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kecamatan Malabar, Kabupaten Lebak, Asrofi Hidayat mengaku, tidak begitu mengenal dan mengetahui apa isi program dan visi-misi yang diusung oleh kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten.

Dirinya hanya sebatas mengetahui sosok yang sering ia lihat di jalan-jalan kota, seperti melalui poster dan baliho yang dipasangan baik oleh KPU dan tim sukses masing-masing pasangan calon. 

"Karena saya enggak pernah lihat langsung calon, paling kenal lewat baliho saja. Kalau visi-misi kan enggak keliatan di baliho itu," tandasnya. [okz]

Penulis: Okz
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Jelang Pilgub Banten, Visi-Misi Calon Belum Diketahui Warga Terpencil

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top