Senin, 23 Juli 2018 |
News Room

Jelang May Day, Ratusan Buruh di Kabupaten Serang di PHK

Senin, 30 Apr 2018 | 20:04 WIB Dibaca: 441 Pengunjung

PT Bees Footwear Inc, yang berada di Kampung Nambo, Desa Ciruas, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang.*

SERANG, [NEWSmedia] – Sehari menjelang Peringatan Hari Buruh Internasional, ratusan karyawan PT Bees Footwear Inc, yang berada di Kampung Nambo, Desa Ciruas, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang dipaksa untuk mengundurkan diri oleh perusahaan.

Hal tersebut dialami oleh adik Sukmariyah (35), Purwati (25) yang dipaksa menandatangani selembar surat pengunduran diri dari perusahaan, bahkan menurutnya, pihak perusahaan mengancam tidak memberikan uang pesangon jika karyawan tidak menandatangani surat tersebut.

“Tadi pagi mah pada keluar semua karyawannya. Pada di PHK semua. Adik saya juga kena PHK. Katanya ijazahnya dapat minjem," kata Sukmariyah saat ditemui NEWSmedia, di Kampung Nambo, Desa Ciruas, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Senin (30/4/2018).

Ia menjelaskan, adiknya yang kena PHK mendapat uang pasangon sebesar Rp9 juta, padahal, adiknya tersebut telah bekerja selama enam tahun, semenjak perusahaan itu berdiri.

“Dapatnya Rp10 juta, tapi keluarnya Rp9 juta. Adik saya sebenarnya nggak mau keluar kerja. Sekarang saja lagi nyari kerjaan lagi,” jelasnya.

Karyawan lainnya yang berasal dari Desa Pabuaran, Kecamatan Ciruas, Nakiroh (25) membenarkan kejadian itu, namun dirinya tidak mengetahui jumlah karyawan yang kena PHK tersebut.

"Ada yang mengundurkan diri, ada juga yang di PHK. Banyak yang di PHK,” kata Nakiroh.

Ia mengaku, dirinya mendapat uang pesangon dari perusahaan sebesar Rp13 juta, namun menurutnya, uang pesangon tersebut akan diberikan lunas pada 7 Mei 2018.

“Minggu depan suruh kesini lagi ambil pesangon. Yang dapat Rp9 juta itu, karena ijazahnya dapat minjem. Tapi nggak tau juga,” pungkasnya. [CR]

Penulis: Anton
Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Jelang May Day, Ratusan Buruh di Kabupaten Serang di PHK

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top