Selasa, 18 Juni 2019 |
News Room - Ekonomi

Jelang Idul Fitri, Harga Sembako di Pasar Baru Cilegon Masih Stabil

Jumat, 31 Mei 2019 | 13:17 WIB Dibaca: 110 Pengunjung

Irjen Kementerian Perdagangan, Srie Agustina dan Kepala Disperindag Provinsi Banten, Babar Suharso memantau harga sembako di Pasar Baru Kota Cilegon, Jumat (31/5/2019).*

CILEGON, [NEWSmedia] - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, harga sembako di Pasar Baru Kota Cilegon terpantau masih stabil. Meski beberapa komoditas mengalami kenaikan harga, namun tidak terlalu signifikan.

Seperti harga bawang merah yang sebelumnya Rp35 ribu perkilogram, tadi pagi terpantauengalami kenaikan sebesar Rp5.000 menjadi Rp40 ribu perkilogram.

Sedangkan harga beras premium lokal masih pada kisaran Rp10 ribu perkilogram. Lebih mahal jika dibandingkan dengan harga beras premium Bulog, sebesar Rp 9.450 perkilogram.

"Kalau daging ayam yang besar Rp40 ribu per-ekornya. Kalau yang kecilan Rp35 ribu," kata pedagang ayam potong, Siska Dwi Astuti saat ditemui di lapak dagangannya, Jumat (31/05/2019).

Selain itu, harga bawang putih yang sebelumnya pernah mencapai Rp50 ribu perkilogram, kini mengalami penurunan diharga Rp40 ribu perkilogram.

Sedangkan komoditas cabai, mengalami kenaikan Rp10 ribu perkilogram, dari harga sebelumnya Rp28 ribu perkilogram.

"Harga daging sapi Rp110 ribu perkilogram daging sapi. Biasanya mulai kurang tiga hari (Idul Fitri) sudah mulai naik. Sudah mulai ramai yang beli daging," kata pedagang daging sapi, Wawan.

Sementara itu, Inspektur Jenderal Kementrian Perdagangan (Kemendag), Srie Agustina mengatakan, secara umum harga bahan pokok, daging dan bumbu dapur masih dalam kondisi yang stabil menjelang Idul Fitri 2019.

"Secara umum stock cukup dan terkendali, harga secara umum relatif stabil. Ada beberapa harga relatif turun dan tetap," kata Srie.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banten, Babar Suharso menjelaskan, salah satu langkah untuk memantau ketersediaan bahan pokok dan menjaga stabilitas harga adalah dengan melakukan sidak langsung ke pasar-pasar.

"Sekiranya ada keterlambatan suplay akan kita laporkan dan biasanya langsung penugasan ke distributor ataupun proodusen (untuk segera disalurkan)," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Jelang Idul Fitri, Harga Sembako di Pasar Baru Cilegon Masih Stabil
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top