Sabtu, 08 Mei 2021 |
News Room - Ekonomi

Jelang Idul Adha, Harga Pangan Terpantau Stabil

Selasa, 15 Agt 2017 | 07:05 WIB Dibaca: 765 Pengunjung

Penjual bahan pokok di pasar tradisional.*

TANGERANG, [NEWSmedia] - Harga bahan pangan terpantau stabil di awal pekan ini. Pasokan yang terjamin membuat harga pangan tak melonjak jelang Hari Raya Idul Adha.

Berdasarkan pantauan di Pasar Poris, Tangerang, Senin (14/8/2017), harga cabai berada di kisaran Rp 40 ribu per kilogram (kg) hingga Rp 60 ribu per kg. Harga ini tak berubah jika dibandingkan pada pekan lalu.

Rinciannya, cabai merah keriting masih di harga Rp 40 ribu per kg dan harga cabai rawit merah di angka Rp 60 ribu per kg. Pedagang di pasar Poris tersebut membeli cabai merah keriting dari pasar induk di harga Rp 25 ribu per kg dan untuk cabai rawit merah di harga Rp 40 ribu per kg.

Untuk cabai rawit hijau dijual dengan harga jual Rp 40 ribu per kg, sedangkan untuk cabai hijau besar di angka Rp 40 ribu per kg, " Ini masih normal. Tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan Lebaran lalu.” Ujar Sumini (55) salah seorang pedagang sayur di Pasar Poris.

Ia menjelaskan, pada saat Lebaran lalu, harga cabai sempat naik tetapi memang tidak melonjak tajam. Terpantau, saat Hari Raya Idul Fitri lalu harga cabai di kisaran Rp 70 ribu per kg sampai Rp 100 ribu per kg.

Namun untuk harga sayuran seperti wortel dan kol mengalami peningkatan. Harga wortel saat ini mencapai Rp 7 ribu per kg sampai Rp 10 ribu per kg. Biasanya, harga wortel di kisaran Rp 5 ribu per kg.

Untuk harga kol yang biasa dijual dengan harga Rp 5 ribu per buah sampai Rp 8 ribu per buah, harga naik hingga mencapai Rp 12 ribu per buah sampai Rp 15 ribu pe buah. Kenaikannya lebih dari 100 persen. Meskipun naik, harga wortel dan kol ini masih masih terjangkau.

Sedangkan untuk sayuran lain terpantau masih stabil. Bahkan beberapa cenderung turun jika dibandingkan dengan satu atau dua bulan yang lalu.

Menurut Sumini, salah satu penyebab harga sayuran di Pasar Poris stabil karena pasokan tidak berkurang. Biasanya, jika pasokan berkurang maka harga akan langsung melonjak. Pasokan sayur stabil karena cuaca panen tak terganggu cuaca. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Jelang Idul Adha, Harga Pangan Terpantau Stabil
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top