Sabtu, 16 Februari 2019 |
Pariwisata - News Gallery

Januari, Bulan Terbaik Berburu Tiket Murah

Selasa, 15 Jan 2019 | 16:15 WIB Dibaca: 1107 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Dari 12 bulan, ternyata ada satu bulan di mana harga tiket dinilai paling murah, yaitu Januari. Berdasar data yang dilakukan oleh situs perjalanan Hipmunk, Januari memiliki median harga pemesanan tiket penerbangan termurah dibandingkan bulan lainnya.

David Solomito, Vice President North America untuk situs perjalanan Kayak juga mengatakan bahwa bulan Januari merupakan bulan termurah untuk memesan tiket pesawat.

"Memang benar, tapi tidak ada sesuatu yang spesial atau ajaib di bulan Januari. Yang menjadi masalah adalah kapan dan sejauh apa Anda bepergian," ujarnya dikutip dari Huffington Post, Senin, 14 Januari 2019.

Kayak menemukan bahwa untuk perjalanan internasional, data menunjukkan bahwa orang rata-rata memesan tiket pesawat tiga bulan sebelumnya. Artinya, mereka yang memesan tiket pesawat di bulan Januari biasanya pergi di bulan Maret atau April, yang juga merupakan bulan murah untuk bepergian dibanding pada musim panas atau musim liburan.

Solomito menyarankan untuk menetapkan ke mana dan kapan akan pergi untuk mendapatkan penawaran yang terbaik. Menurut Travel Hacker Guide 2019, pelancong Amerika Serikat disarankan untuk memesan tiket penerbangan sebulan sebelumnya, sementara untuk Amerika Tengah tiga bulan sebelumnya, lima bulan sebelumnya untuk Afrika, kemudian enam bulan untuk Eropa, Asia dan Timur Tengah.

Skyscanner juga memberikan saran serupa dalam panduan perjalanan 2019 mereka tentang waktu terbaik untuk memesan tiket penerbangan dari AS. Direkomendasikan memesan tiket pesawat domestik dua hingga tiga minggu sebelumnya. Dan untuk perjalanan internasional lima hingga enam bulan sebelumnya.

Data dari aplikasi travel, Hopper juga mencatat bahwa harga tiket pesawat di bulan Januari juga mengalami penurunan. Liana Corwin, pakar perjalanan dari situs tersebut mengatakan, di bulan Januari sebenarnya pemesanan tiket mengalami penurunan karena rendahnya permintaan usai musim liburan sebelumnya.

Itu yang membuat Januari sebagai bulan yang tepat untuk memesan tiket penerbangan, terutama untuk perjalanan di musim dingin.

Meski murah, jangan harap bisa menemukan tiket murah di bulan Januari untuk lebih dari enam bulan setelahnya, atau pada musim liburan, kata Corwin.

Sementara Stacy Small dari firma perjalanan Elite Travel International, mengatakan bahwa tiap agen perjalanan  memiliki kebijakan berbeda dan tidak selalu meletakkan bulan Januari sebagai bulan murah untuk memesan tiket.

"Saya akan tetap pada teori saya bahwa harga tiket bisa berubah dalam satu malam,” ucapnya. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Januari, Bulan Terbaik Berburu Tiket Murah

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top