Minggu, 16 Agustus 2020 |
Tekno

Jangan Sepelekan Kick Starter Macet Ini Penyebabnya

Rabu, 16 Nov 2016 | 16:05 WIB Dibaca: 814 Pengunjung

Hidupkan motor dengan kick starter.*

[NEWSmedia] - Para pengguna sepeda motor terutama motor matik kebanyakan tak terlalu memperhatikan bagian motor yang satu ini, kick starter. Maklum, starter ongkel ini memang jarang digunakan, terlebih saat kendaraan masih prima.

Teknologi yang semakin canggih membuat pengguna motor lebih memilih starter elektrik yang mudah digunakan, tinggal pencet tombol maka mesin akan menyala. Kendati demikian, kick starter mesti mendapatkan perawatan. Semakin jarang dirawat akan membuat macet dan keras saat digunakan. Lantas, apa penyebab kick starter keras dan macet?

"Itu disebabkan karena adanya kotoran seperti pasir atau debu yang tertimbun di per stopper selah dan gir, akibatnya akan membuat kick starter korosi dan macet," kata Mekanik Bengkel resmi Yamaha.

Ardhani menuturkan, jika mengalami hal demikian, disarankan untuk tidak dipaksakan. Akibatnya, apabila dipaksakan akan membuat per yang menempel di kick starter mudah rusak dan patah.

"Jangan, kalau dicoba misalnya empat sampai lima kali macet, kalau bisa dibawa jalan dulu. Supaya, kick starter bisa normal karena terlumasi. Nah, setelah dicoba lagi tapi tetap sama, baru bongkar CVT motor," ujarnya.

Ardhani pun membeberkan beberapa tips mengatasi kick starter yang macet. Menurutnya, cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah.
Pertama, lepas dan bersihkan bak filter udara yang berada tepat di atas bak CVT dengan bersih menggunakan sabun atau semprotan khusus. “Ini untuk membersihkan kotoran," katanya.

Setelah itu, bersihkan komponen starter shaft gigi dan pegas sembari diolesi bensin menggunakan kuas secara perlahan.

"Terakhir, kalau sudah bersih, olesi dengan gemuk sedikit supaya tidak macet lagi. Jangan kebanyakan, karena gemuk cenderung membuat kotoran cepat menempel lagi," ujarnya menjelaskan.[05]

Penulis: Viva
Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Jangan Sepelekan Kick Starter Macet Ini Penyebabnya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top