Selasa, 26 Januari 2021 |
News Gallery - Tekno

Jangan Sepelekan Filter Udara jika Tak Mau Boros BBM, Ini Alasannya

Sabtu, 24 Feb 2018 | 12:30 WIB Dibaca: 1141 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Baik mobil maupun sepeda motor pasti dilengkapi filter udara. Parts ini cukup penting lantaran berfungsi menyaring kotoran atau debu dari udara luar sehingga tidak masuk ke ruang pembakaran.

Namun tahukah Anda bahwa filter udara yang jarang atau tak pernah diganti bisa menjadi penyebab bahan bakar boros.

Menanggapi hal tersebut, Assistant Section Manager PT Denso Sales Indonesia, Yusup Budi Setio angkat bicara. Dia menjelaskan, filter udara yang jarang atau tidak diganti sama sekali dapat membuat menumpuknya kotoran pada filter tersebut. Alhasil, udara yang akan masuk menjadi tersumbat. 

"Akibatnya, penyaringan udara kotor dan debu tidak maksimal, selain itu, serat-serat udara pun menjadi tipis," ungkap Yusup.

Jika filter udara tersumbat, maka daya isap piston menjadi berkurang dan tidak maksimal.

Selain itu, adanya sumbatan pada filter dapat mengakibatkan timbul kotoran yang masuk ke ruang bakar, sehingga menghambat supply udara di ruang bakar. 

Jika itu terjadi, maka beban tenaga di ruang bakar terhambat. Hal ini menyebabkan harus mengeluarkan tenaga lebih besar sehingga bahan bakar menjadi lebih boros dibanding keadaan normal.

Untuk itu, Yusup menyarankan agar merawat filter udara kendaraan agar mampu menghasilkan performa yang baik. 

"Jangan sampai dirugikan karena bahan bakar menjadi boros atau bahkan dapat menimbulkan domino effect seperti ruang bakar dan mesin yang bermasalah," tuturnya.

Agar filter udara bekerja secara optimal, ada baiknya dilakukan perawatan secara berkala. Untuk perawatan tersebut, maka disarankan mengganti filter udara setiap 20 ribu kilometer atau setiap setahun sekali. 

"Sederhananya, dapat dilakukan pemeriksaan setiap 10 ribu km untuk mengetahui apakah filter udara sudah banyak kotoran yang menumpuk atau belum," terang Yusup

Sebaliknya, jika filter udara tidak rutin diganti, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi beberapa kerugian, salah satunya bensin menjadi boros. [lpt]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Jangan Sepelekan Filter Udara jika Tak Mau Boros BBM, Ini Alasannya

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top