Rabu, 18 Juli 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Jangan Salah, Ini Cara Menyikat Gigi Agar Tak Mudah Rapuh

Minggu, 10 Des 2017 | 01:03 WIB Dibaca: 344 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Banyak orang menggosok gigi dengan cara yang kurang tepat. Padahal, salah sedikit menggosok gigi, kuman yang menempel pada sela-sela berpotensi membentuk lubang dan karang gigi.

Menggosok gigi haruslah dilakukan dengan satu arah. Anda bisa memulainya dengan membaginya menjadi tiga bagian.

“Sikat gigi yang paling efektif itu haruslah satu arah. Selalu arahnya dari gusi ke gigi. Akan tetapi sebaiknya kita membaginya menjadi tiga bagian,” ujar drg. Noor Rimawati, MDSc., Sp.Perio dari The Clinic Beautylosophy Tebet.

Dia  menuturkan, awali menggosok pada bagian atas gigi di bagian luar dengan arah yang tepat. Selanjutnya, sikat setiap bagian gigi pada bagian gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah.

Setelah itu, sikat pada bagian dalam gigi dengan baik dan benar. Untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan, pegang sikat gigi dalam posisi vertikal atau gunakan ujung kepala sikat gigi, lalu sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi.

Lalu, pada bagian bawah gigi tidak jauh berbeda dengan bagian atas. Hanya saja, jangan menyikat gigi terlalu keras atau terlalu memberi tekanan pada gigi, karena ini akan menyakitkan gigi dan gusi.

“Pokoknya perlu diingat, menyikat gigi itu harus selalu dari arah gusi ke gigi. Sebab kalau tidak tepat akan membuat gusi dan tulang yang menyangga gigi cepat rusak, sehingga membuat gigi rapuh,” ucap dia. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Jangan Salah, Ini Cara Menyikat Gigi Agar Tak Mudah Rapuh
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top