Selasa, 11 Mei 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Jangan Lewatkan Hal Ini Saat Selamatkan Pasien Sakit Jantung

Jumat, 20 Jul 2018 | 01:02 WIB Dibaca: 568 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Terlambat dalam penanganannya, bisa memicu penurunan fungsi tubuh hingga kematian yang mengintai.

Maka dari itu, dibutuhkan cara cepat namun tepat dalam menangani kasus penyakit jantung ini. Salah satunya dengan menyediakan beberapa jenis obat penting.

"Aspirin dan statin. Terapi paling utama memang aspirin karena itu sebagai pengencer darah selagi menunggu ambulans datang. Statin dipakai untuk menurunkan kolesterol yang memicu serangan jantung akibat penyempitan pembuluh darah," ujar Spesialis Jantung Paru, dr. Johan Winata, Sp.JP(K), FIHA, dari RSPI Puri Indah.

Dikatakan Johan, aspirin wajib dikonsumsi pada mereka yang memang berisiko terhadap penyakit jantung saja. Pada orang normal atau yang tidak berisiko, sebaiknya tidak konsumsi obat aspirin karena berbahaya untuk lambungnya.

"Kalau pada yang berisiko jantung, aspirin membuat gumpalan darah menjadi minim sehingga serangan jantung tidak hebat. Sementara pada orang normal, tidak memberi manfaat sama sekali dan bahkan pemakaian lama bisa mengiritasi lambung," ungkapnya.

Sama halnya dengan pemakaian statin, harus dikonsumsi oleh orang yang berisiko penyakit jantung. Akan berbahaya pada organ hati jika dikonsumsi orang normal atau yang tidak ada indikasi penyakit jantung.

"Statin memang baik untuk turunkan kolesterol, sehingga proses penyempitan pembuluh darah bisa dihambat. Kalau terbukti punya penyakit jantung koroner atau stroke, statin sangat cocok dikonsumsi sebagai pertolongan pertama. Tapi kalau orang normal, statin hanya memicu rasa lelah dan gangguan pada liver." [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Jangan Lewatkan Hal Ini Saat Selamatkan Pasien Sakit Jantung
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top