Kamis, 29 Oktober 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Jangan Anggap Remeh, Hindari Jenis Bahan Plastik Ini untuk Wadah Makanan

Kamis, 05 Jul 2018 | 01:02 WIB Dibaca: 542 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Wadah plastik selalu dipakai seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa disadari ada beberapa jenis plastik yang berbahaya untuk kesehatan kita.

Memang menggunakan wadah berbahan plastik cukup ringkas dan tidak mudah pecah. Produk tersebut aman untuk anak-anak jika dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

Saat bepergian pun Anda tentu memilih untuk menggunakan wadah plastik, terutama untuk menaruh makanan atau minuman. Beberapa jenis barang kebutuhan rumah tangga pun menggunakan bahan plastik.

Namun semuanya belum tentu aman dipakai. Karena itu, Anda harus tahu bahan plastik apa saja yang tidak aman digunakan.

1. Bahan PET

PET atau polyethylene terephthalate diketahui bisa melenyapkan zat antimon trioksida dan ftalat. Keduanya berbahaya bagi kesehatan. Sementara antimoni dapat berkontribusi untuk perkembangan kanker, masalah kulit, masalah menstruasi dan kehamilan, phthalates adalah pengganggu endokrin. Sayangnya masih banyak botol plastik yang menggunakan zat kimia itu. Sebaiknya hindari penggunaan wadah tersebut terlalu sering, apalagi kalau menggunakan berkali-kali.

2. Bahan HDPE

Bahan plastik ini menggunakan kode 2, yang mengandung polyethylene densitas tinggi (HDPE). Beberapa produknya meliputi botol susu buram, beberapa botol obat, shampo hingga wadah detergen. Meskipun bahan ini biasanya dianggap aman dalam penggunaan jumlah terbatas, penelitian telah menunjukkan bahwa bahan tersebut bisa mengganggu endokrin seseorang, apalagi kalau kerap terkena paparan sinar matahari.

3. Bahan PVC

Beberapa produk PVC umumnya dipakai untuk mainan, pengemasan, botol obat kumur, botol shampo, toples minyak, dan beberapa barang lain. Bahayanya PVC bisa melepaskan racun karena sedikit mengandung bisphenol A (BPA), timbal, phthalates, merkuri, dioxin dan cadmium. Dampaknya jika dipergunakan terus-menerus bisa menyebabkan gangguan endokrin, ADHD, asma dan alergi pada anak-anak, serta ancaman penyakit kanker ganas tanpa disadari.

4. Bahan LDPE

Bahan plasti ini mengandung polietilen densitas rendah (LDPE). Memang jika digunakan relatif lebih aman, namun masih diketahui untuk meredam endokrin. Apalagi kalau terlalu sering terkena paparan sinar matahari yang bisa merugikan kesehatan.

5. Bahan Polypropylene

Beberapa produk yang menggunakan bahan plastik itu meliputi produk kemasan seperti keju, yoghurt, saus tomat dan sirup, sedotan, dan beberapa produk lainnya. Tipe bahan plastik ini relatif aman dan stabil, tetapi tetap mengganggu kesehatan. Anda harus menghindari pemakaian produk tersebut dalam jangka waktu sering. Sebab nantinya bisa menyebabkan gangguan hormonal yang mungkin jarang dipahami. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Jangan Anggap Remeh, Hindari Jenis Bahan Plastik Ini untuk Wadah Makanan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top