Senin, 26 Februari 2018 |
News Room

Jalan Tol Serpong-Balaraja Mulai Dibangun

Jumat, 16 Des 2016 | 13:58 WIB Dibaca: 10428 Pengunjung

Peta lokasi pembangunan jalan Tol Serpong-Balaraja.*

TANGERANG, [NEWSmedia] - Pembangunan jalan Tol Serpong-Balaraja yang digagas Pemerintah Kabupaten Tangerang mulai dilaksanakan tahun ini. Proyek tersebut digarap konsorsium Trans Bumi Serbaraja, yang merupakan gabungan dari PT Sinar Mas Land, Kompas Gramedia dan PT Astratel Nusantara.

Tol yang merupakan kelanjutan dari TB Sumatupang Jakarta-Serpong itu akan dibangun selama tiga tahapan, berjarak sekitar 40 kilometer, dengan investasi senilai Rp6,2 triliun.

Pembangunan tahap pertama yakni di wilayah perumahan The Green BSD Serpong- Legok dengan panjang 10,8 Km, kemudian Legok-Tigaraksa 17 Km dan dari Serpong ke Balaraja langsung terhubung dengan jalan tol Tangerang-Merak sepanjang 13 Km.

“Nantinya terhubung di Tol Tangerang Merak tepat di Km 37,” kata Presiden Trans Bumi Serbaraja,  Kris Ade Sudiyono saat konstruksi awal pembangunan tol tersebut di Botanical Park, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Kamis (15/12/2016).

Ia mengatakan, konsorsium Trans Bumi Serbaraja sebagai pelaksana, pada tahap awal akan fokus dalam persiapan badan jalan.  “Target dari tahap pertama bisa selesai pada 2018 dan sudah bisa selesai,” ujarnya.

Kris mengungkapkan, ruas tol yang memiliki lebar 60 meter itu memiliki nilai investasi sebesar Rp6,2 triliun. Dari pembiayaan tersebut, senilai Rp4,3 triliun berasal dari sindikasi perbankan. Rencananya seluruh tahapan tersebut akan selesai pada 2020.

“Exit tol ini akan mengakomodasi untuk pengembangan daerah termasuk wilayah Bogor Barat dan Maja di Lebak. Itu permintaan Pak Bupati Tangerang, karenanya ada sekitar 20 exit tol,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, dalam pengembangannya nanti akan ditambah ruas jalur lagi menjadi tiga lajur. Untuk tahap awal ini, tol Serpong-Balaraja dibikin dua lajur terlebih dahulu.

Menurut Zaki, tol Serpong-Balaraja yang sudah digagas sejak 2004 dinilai sebagai kebutuhan masyarakat di daerah Kabupaten Tangerang dan beberapa daerah yang dilintasi.

“Ini kami anggap perlu, karena memang volume tol Tangerang-Merak sudah padat. Tentunya ini berdampak pada peningkatan ekonomi bagi daerah, termasuk daerah Lebak bahkan Bogor di sebelah barat,” katanya. [tn/idr]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Jalan Tol Serpong-Balaraja Mulai Dibangun
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top