Senin, 17 Desember 2018 |
News Room - Pariwisata

Jalan Rusak, Jumlah Wisatawan ke Ujung Kulon Menurun

Rabu, 20 Jun 2018 | 10:30 WIB Dibaca: 426 Pengunjung

Sejumlah wisatawan di Pulau Peucang, Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang. [Ist]*

PANDEGLANG, [NEWSmedia] - Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang mengalami penurunan.

Ketua Pokdarwis Ujung Kulon, Hudan Zulkarnaen mengatakan, salah satu penyebab menurunnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke TNUK, karena akses jalan yang kurang baik.

"Banyak wisatawan yang mengeluh karena akses menuju ujung kulon kurang baik, rusak, padahal aksesibilitas merupakan syarat utama perkembangan pariwisata," kata Hudan, Rabu (20/6/2018).

Ia menjelaskan, jika akses jalan sudah baik, pihaknya meyakini, kunjungan wisatawan ke ujung kulon akan meningkat secara drastis, bahkan menurutnya, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Jika akses jalan sudah bagus, kemungkinan besar kunjungan wisatawan akan meningkat drastis dan ekonomi masyarakat akan lebih baik melalui sektor pariwisata berbasis masyarakat" jelasnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, di TNUK, banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, seperti Pulau Peucang,  Pulau Badul, Pulau Oar dan Pulau-pulau lainnya yang berada di kawasan tersebut.

"Saat ini, pulau Peucang yang paling banyak diminati wisatawan dari Jakarta, Bandung dan Bekasi, sedangkan pantai dan pulau di kawasan penyangga masih di dominasi oleh masyarakat sekitar yang menghabiskan waktu bersama keluarga," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Jalan Rusak, Jumlah Wisatawan ke Ujung Kulon Menurun

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top