Kamis, 02 Juli 2020 |
News Room

Jaga Kesatuan NKRI, KH Ma'ruf Amin: Ulama Jangan di Pesantren Saja

Rabu, 08 Feb 2017 | 14:31 WIB Dibaca: 1023 Pengunjung

Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin.*

SERANG, [NEWSmedia] - Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari ancaman separatisme, sekularisme dan radikalisme, menurut Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin, merupakan tanggung jawa bersama, dan Nahdlatul Ulama berkomitmen untuk menjaganya.

“Ini menunjukkan perhatian yang besar. Tanpa kerjasama antara ulama dan umaro, sulit membangun situasi kebangsaan yang kondusif,” kata KH Ma’ruf Amin, saat menjadi narasumber acara Silaturahmi dan Dialog Kebangsaan di Pesantren An Nawawi, Tanara, Kabupaten Serang, Rabu (8/2/2017).

Kyai Ma’ruf Amin mengatakan NU memegang dua peranan penting yakni tanggung jawab keumatan dan tanggung jawab kebangsaan.

"Saya mengajak kepada para ulama agar jangan dipesantren saja, tapi ikut keluar untuk menjaga umat dan bangsa," ujarnya. 

Selain itu, lanjut Kiyai Ma'ruf Amin, pondok pesantren seharusnya di plot sebagai tempat untuk menyiapkan tokoh agama, agar bisa menjaga umat dari paham yang menyimpang. 

"Sangat penting untuk menjaga paham yang salah, agar tidak salah paham," tuturnya.

Kiyai Ma'ruf, menerangkan bahwa NU adalah wadah para ulama untuk menjadi orang yang bertanggung jawab terhadap kebangsaan. NU menyampaikan pada masyarakat dengan cara yang santun, tidak keras, tidak galak, dengan sukarela, tidak memaksa, tanpa ancaman dan toleran dengan mengajak umat.

Tanggung jawab ulama saat ini, kata Ma’ruf Amin, sebagai kelanjutan dari perjuangan ulama untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Akhir abad ke-19 ulama yang merasakan ketidakadilan, seperti di katakan Sartono (Pemberontakan Petani 1888) ada kebangkitan agama. Kami menyebutnya kebangkitan ulama,” pungkas KH Ma'ruf. [vredo]

Penulis: Vredo Putra
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Jaga Kesatuan NKRI, KH Ma'ruf Amin: Ulama Jangan di Pesantren Saja

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top