Jumat, 22 Maret 2019 |
News Room - Politik

JaDI: Kepercayaan Publik Terhadap Penyelenggara Pemilu Terancam Menurun 

Rabu, 09 Jan 2019 | 17:38 WIB Dibaca: 572 Pengunjung

Presidium JaDI Pusat, Nasrullah setelah diskusi bersama awak media di Kota Serang, Rabu (9/1/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) menyebutkan, kepercayaan publik terhadap penyelenggara Pemilu terancam menurun, terutama kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Presidium JaDi Pusat Nasrullah mengatakan, hal tersebut dapat dilihat dari beberapa persoalan yang akhir-akhir ini mencuat ke permukaan publik.

"Fakta-fakta itu bisa terlihat bagaimana kasus e-KTP yang tercecer, kotak suara, 7  kontainer surat suara kemudian persoalan visi misi yang tiada hentinya menjadi perdebatan yang amat luar biasa," kata Nasrullah setelah diskusi bersama awak media di Kota Serang, Rabu (9/1/2019).

Ia menjelaskan, hal tersebut bisa menggiring opini kepada masyarakat sehingga menjadi ancaman dan menurunnya kepercayaan publik kepada penyelenggara pemilu.

"KPU dan Bawaslu pada situasi yang sangat sentralistik ini, sebetulnya ada aksi yang bisa dilakukan didaerah, jadi jangan terjebak berdiam diri menunggu KPU RI, Bawaslu RI lalu melakukan sesuatu," ujarnya.

Pihaknya, dalam hal ini,  memberikan warning kepada penyelenggara pemilu untuk mengembalikan kepercayaan publik agar kualitas Pemilu 2019 tetap terjaga dengan mengajak kepada penyelenggara yang ada di daerah untuk melakukan penguatan di daerah.

"JaDi sebagai lembaga pemantau Pemilu akan terus berupaya mengembalikan kepercayaan tersebut agar demkokrasi dalam pemilu ini bisa berjalan dengan baik, kita melakukan berbagai kegiatan  agar masyarakat tercerahkan,”ujarnya.

Ia pun berharap KPU dan Bawaslu di daerah untuk selalu melakukan  komunikasi dengan masyarakat lalu dtampilkan di sosial media yang ada.

"Sebab komunikasi kepada publik yang belum siap dan jadi masalah ditambah situasi lada politik identitas dan hoax. Padahal komunikasi kepada publik lah yang menentukan," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

JaDI: Kepercayaan Publik Terhadap Penyelenggara Pemilu Terancam Menurun 
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top