Minggu, 25 Oktober 2020 |
News Room - Pariwisata

Jadi Kebanggaan Etnis Tionghoa, Tari Cokek Ditampilkan di Depan Wali Kota Tangerang

Selasa, 06 Des 2016 | 16:20 WIB Dibaca: 1697 Pengunjung

Pementasan Tari Cokek pada saat acara penutupan Festival Film Kota Tangerang 2016 di Halaman Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (5/12/2016) malam.*

TANGERANG, [NEWSmedia] - Untuk pertama kalinya setelah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai warisan seni budaya asal Tangerang, Tari Cokek dipentaskan saat acara penutupan Festival Film Kota Tangerang 2016.

Pementasan Tari Cokek ini dibawakan oleh ibu-ibu keturunan Tionghoa dari Sanggar Tari Sipatmo, di hadapan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah serta para tamu undangan dalam acara penutupan FFKT 2016 yang digelar di Halaman Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (5/12/2016) malam.

Menurut Henny, Ketua Sanggar Tari Sipatmo, Tari Cokek merupakan tarian tradisional khas etnis Tionghoa. Ia mengaku senang sanggarnya dipercaya untuk tampil membawakan tarian ini sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat bahwa Tari Cokek adalah kesenian asli Tangerang.

“Tarian ini dulunya untuk menyambut para tamu, seperti kalau ada acara di klenteng (vihara). Kita ingin tarian ini dibangkitkan lagi, disosialisasiakan dan dilestarikan, supaya masyarakat Tangerang bisa tahu bahwa tarian ini asli ‘Cina Benteng’ (sebutan komunitas Tionghoa di Tangerang),” ujarnya.

Henny mengungkapkan, Tari Cokek ini mengandung makna. Untuk tampil maksimal, penari harus bisa menjaga tangan dari hati, dan hati pun harus bersih.

“Cukup bangga banget biasa melestarikan tarian dari leluhur kita. Semoga ini awal yang baik bagi kita untuk lebih memajukan tarian khas ‘Cina Benteng’. [ildhan]

Penulis: Ildhan Firmansyah
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Jadi Kebanggaan Etnis Tionghoa, Tari Cokek Ditampilkan di Depan Wali Kota Tangerang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top