Senin, 19 November 2018 |
News Room - Pemerintahan

Izin Proyek Geothermal Habis, Wagub Banten: Setop Dulu Aktivitasnya

Selasa, 08 Mei 2018 | 18:40 WIB Dibaca: 158 Pengunjung

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy setelah Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Banten, Selasa (8/5/2018).* 

SERANG, [NEWSmedia] - Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy meminta kepada semua pihak agar berpegang pada aturan yang berlaku dalam menyikapi penolakan proyek geothermal di Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

Bahkan menurutnya, jika izin eksplorasi bagi perusahaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah habis, pihak perusahaan harus menghentikan terlebih dahulu aktivitasnya.

“Kalau memang izinnya sudah habis, dan Kementerian ESDM yang punya kewenangan memperpanjang izin belum mengeluarkan izinnya, perusahaan harus taat aturan, yaitu setop dulu aktivitasnya,” kata Andika setelah Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Banten, Selasa (8/5/2018).

Andika mengatakan, meski pihaknya mempunyai kewenangan dalam memberikan rekomendasi terhadap izin yang akan dikeluarkan Kementerian ESDM, namun dirinya telah memberi arahan kepada Dinas ESDM Provinsi Banten u tuk tetap berpegang pada aturan.

“Saya dan Pak Gubernur sudah perintahkan kepada Kadis ESDM agar berpegang kepada aturan,” terangnya.

Andika juga menegaskan, saat ini telah menjadi kewenangan aparat penegak hukum untuk menindak pihak mana pun yang bertindak di luar aturan.

“Dalam hal misalnya perusahaan masih beroperasi padahal perpanjangan izinnya belum turun dari Kementerian ESDM, ya itu wilayah penegak hukum. Masyarakat juga tidak bisa maen hakim sendiri,” imbuhnya.

Sebelumnya, kelompok masyarakat yang tergabung dalam  Syarekat Perjuangan Rakyat (SAPAR) Padarincang menyampaikan Suara Rakyat secara tertulis yang disampaikan kepada Gubernur dan Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Banten.

Isi surat tersebut adalah manifestasi dari keinginan dan Suara Rakyat Padarincang yang meminta kepada Pemerintah Provinsi Banten, baik  eksekutif maupupun legislatif agar tidak memberikan rekomendasi kepada perusahaan manapun untuk mengeksplorasi dan eksploitasi gunung Prakasak, Padarincang, Kabupaten Serang. [dham]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Izin Proyek Geothermal Habis, Wagub Banten: Setop Dulu Aktivitasnya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top