Senin, 06 Juli 2020 |
News Room - Ekonomi

IYOIN LC Serang Soroti Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Senin, 15 Jun 2020 | 14:58 WIB Dibaca: 493 Pengunjung

IYOIN LC Serang Soroti Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19.*

SERANG, [NEWSmedia] - Indonesia Youth Opportunities in International Networking Local Chapter Serang (IYOIN LC SERANG) mengadakan talk show online dengan tema 'Dampak Covid-19 bagi Bisnis dan Alternatif Solusi Usaha Bisnis untuk Bertahan', Sabtu (13/6/2020).

Talkshow ini menghadirkan narasumber dari alumni mahasiswa berprestasi FEB Universitas Gadjah Mada (UGM) yang kini tengah menempuh S2 di City University of New York, Amerika Serikat jurusan Risk Management in Finance, Gresika Bunga Sylvana.

Talk show dilakukan sebagai kontribusi dalam usaha pemecahan masalah ekonomi yang sedang terjadi di Indonesia karena terdampak pandemi Covid-19 yang dialami oleh para pelaku bisnis, baik bisnis yang dijalankan oleh perusahaan besar hingga bisnis kecil yang dijalankan oleh individu.

Dalam acara Online Lecture #1 ini, Gresika menjelaskan bahwa bukan hanya Indonesia tetapi juga seluruh negara di dunia telah dan sedang mengalami masalah perekonomian di negaranya masing-masing.

“Daripada kita fokus ke keadaan karena adanya Covid-19 ini, lebih baik kita membaca peluang dengan melihat pertumbuhan GDP dari masing-masing sektor di Indonesia," kata Gresika.

Menurutnya, cukup banyak sektor yang mengalami pertambahan demand atau permintaan saat adanya pandemi di masa-masa sekarang ini, seperti jasa kesehatan dan juga kegiatan sosial, jasa keuangan dan asuransi dan sektor informasi dan komunikasi.

"Tapi berbanding terbalik dengan ketiga sektor sebelumnya, sektor transportasi dan pariwisita merupakan industri yang paling terdampak saat ini dan juga industri yang diprediksi oleh para ekonom paling lama pulihnya.” ungkapnya.

Gresika menambahkan, ada tiga hal yang perlu dipersiapkan bagi para pebisnis yang ada di era pandemic menuju ‘new normal' di antaranya mengenali lebih lanjut tentang diri sendiri dengan menganalisis serta mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman sehingga diri sendiri bisa tahu bagaimana memaksimalkan potensi yang dikuasai serta meminimalisir resiko yang akan terjadi.

"Kedua, mengetahui peluang bisnis yang ada dan ketiga menciptakan peluang bisnis dan terakhir mengetahui kondisi perekonomian secara makro terkait dengan pandemi saat ini," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

IYOIN LC Serang Soroti Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top