Sabtu, 07 Desember 2019 |
News Room - Kesehatan

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Turun Kelas Lebih Baik

Rabu, 27 Nov 2019 | 19:15 WIB Dibaca: 255 Pengunjung

Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Banten, Kalbar dan Lampung, Fachrurrazi di Kota Serang, Rabu (26/11/2019

SERANG, NEWSmedia] - Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Banten, Kalbar dan Lampung, Fachrurrazi menanggapi penyesuaian iuran BPJS Kesehatan.

Menurutnya, salah satu dampak dengan adanya penyesuaian iuran tersebut, para peserta JKN-KIS di seluruh Indonesia beramai-ramai pindah kelas.

"Yang tahu persis jumlahnya berapa itu di cabang, berapa yang turun kelas dari kelas satu ke kelas dua atau kelas tiga, itu cabang yang tahu, tapi setiap cabang relatif," kata Fachrurrazi di Kota Serang, Rabu (27/11/2019).

Meski demikian, lanjut Fachrurrazi, turun jelas lebih baik dari pada peserta yang tidak membayar iuran, sebab prinsip BPJS Kesehatan adalah gotong royong.

"Tapi menurut saya (pindah kelas-red) itu lebih baik, yang penting bagi kami itu kpastian pembayaran iuran, karena konsep gotong royong kan harus jalan, ketimbang kelas satu tapi ga iuran, atau menunggak, kan justru kasihan bagi yang membutuhkan pelayanan," jelasnya, singkat.

Untuk diketahui,  Pemerintah Pusat melalui Presiden Jokowi secara resmi menyesuaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebesar 100 persen.

Penyesuaian iuran tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Ada beberapa penyebab penyesuaian iuran tersebut, di antaranya struktur iuran masih underprices (di bawah perhitungan aktuaria), banyak peserta PBPU yang mendaftar saat sakit dan setelah mendapat layanan kesehatan berhenti iuran, tingkat keaktifan PBPU cukup rendah dan beban pembiayaan penyakit katastropik yg sangat besar," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Turun Kelas Lebih Baik
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top