Minggu, 25 Februari 2018 |
News Room

Istri Wapres Minta Pengrajin di Banten Diperhatikan

Rabu, 14 Feb 2018 | 10:40 WIB Dibaca: 134 Pengunjung

Ketua Umum Dekranas, Mufidah Jusuf Kalla saat melakukan kunjungan kerja ke Dekranasda Banten di Mesum Negeri Banten, Rabu (14/2/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Istri Wakil Presiden Indonesia, Mufidah Jusuf Kalla yang juga sebagai Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) melakukan kunjungan kerja ke Dekranasda Provinsi Banten, Rabu (14/2/2018).

Pada kesempatan itu, Mufidah mengatakan, sebagai identitas sebuah negara, sekaligus menjadi sumber perekonomian masyarakat, seni dan budaya yang ada di Indonesia harus terus dijaga, sebab menurutnya, para pelaku seni dan budaya saat ini, banyak dilakukan oleh orang tua dan minim regenerasi.

"Kami meminta Dekranasda Banten, memperhatikan regenerasi pengrajin yang bisa dilakukan, melalui berbagai pelatihan pemuda dan sekolah menengah kejuruan," kata Mufidah, saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di Museum Negeri Banten, Kota Serang, Rabu (14/02/2018).

Ia mengungkapkan, perhatian yang dimaksud adalah untuk menjaga dan mengembangkan hasil kerajinan dari Banten untuk meningkatkan nilai perekonomian masyarakat.

"Misal, untuk meningkatkan nilai tenun Baduy, perlu dilakukan peningkatan design produk, bukan hanya kain tenun saja, tapi juga fashion. Perlu mengikuti fashion trans pasar, sekaligus untuk meningkatkan kelas perajin menjadi pengusaha baru," ujarnya.

Ia juga menegaskan, untuk meningkatkan ekonomi para pengrajin seni dan budaya di Banten, perlu dilakukan inovasi, salah satunya dengan menjual hasil karya melalui situs online.

"Pemanfaatan belanja online, agar tidak ketinggalan, meningkatkan serta memperkuat jaringan perajin, bisa memanfaatkan penjualan online," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Istri Wapres Minta Pengrajin di Banten Diperhatikan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top