Minggu, 16 Juni 2019 |
News Room

Inspektur Banten Minta Masyarakat Awasi Dana Hibah dan Bansos

Senin, 16 Okt 2017 | 19:05 WIB Dibaca: 360 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Organisasi perangkat daerah (OPD) yang menyalurkan dana hibah dan bantuan sosial (Bansos) dari APBD Banten diminta untuk tidak melakukan penyunatan atau pemotongan program tersebut.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Inspektur Banten, E Kusmayadi setelah memberikan arahan pada acara Bimbingan Teknis Tata Cara Penyusunan Pertanggungjawaban Hibah dan Bansos tahun 2017 di Aula Kantor BPKAD, Senin (16/10/2017).
 
"Nggak boleh sogok menyogok, nggak boleh gratifikasi, penerima hibah tidak boleh ada pengurangan. Tidak boleh ada yang menakut-nakuti, penerima juga tidak boleh melakuan perbuatan melanggar yang hukum," kata E Kusmayadi.

Ia berharap peran serta masyarakat untuk mengawasi dan melaporkan langsung kepada tim saber pungli jika menemukan indikasi pemotongan dan temuan gratifikasi terhadap program tersebut.

"Bisa dilaporkan langsung ke Inspektorat atau Polda Banten. Masyarakat yang melaporkan jangan khawatir mendapatkan intimidasi atau ancaman kepada pihak-pihak terkait karena identitasnya akan dirahasiakan. Bahkan kami sedang menyusun Pergub tentang Pengaduan Masyarakat," ungkapnya.

Ia menjelaskan, saat ini, adanya pemotongan dana hibah dan bansos serta perbuatan pelanggaran hukum oleh penerima sudah berkurang. Hal ini dapat dilihat dari grafik temuan dan penanganan hukum atas program hibah bansos sejak tahun 2012 sampai tahun 2014

"Di tahun 2015 dan 2016 sudah bagus. Dulu tidak bagus, ada 'oknum'. Dan ditahun 2017 dimohon harus sudah baik lagi, pengelolaan hibah dan penerimaan hibahnya," ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, penerimaan hibah dan bansos tahun 2017 sudah diberlakukan dengan cara non tunai atau tranfer langsung, dengan demikian, ia berharap tidak adalagi istilah 'sunat menyunat' atau gratifikasi terhadap program tersebut.

"Insya Allah dengan sistem non tunai ini dugaan gratifikasi seperti memberikan uang rasa terima kasih maupun sogok menyogok serta pemotongan tidak ditemukan lagi. Dan bila ini ditemukan maka kedua belah pihak akan diproses secara hukum pidana," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Inspektur Banten Minta Masyarakat Awasi Dana Hibah dan Bansos
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top