Minggu, 22 Oktober 2017 |
Kesehatan - News Gallery

Inilah Penyebab Kanker Nasofaring dan Gejalanya

Minggu, 07 Mei 2017 | 06:32 WIB Dibaca: 745 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Kanker nasofaring atau disebut juga Nasopharynx, Nasopharyngeal Carcinoma (NPC), saat ini telah dianggap sebagai kanker paling umum terjadi. Kanker ini berasal dari nasofaring, sebagian besar terjadi pada nasofaring postero-lateral atau resipien faring. Kanker nasofaring tidak mengenal usia, bisa saja terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Lalu, apa saja penyebab kanker nasofaring dan gejala yang umum terjadi?

Umumnya, kanker NPC berbeda dari kanker kepala dan leher lainnya. Hal ini juga dipengaruhi oleh penyebab kanker nasofaring, termasuk perilaku klinis, dan pengobatannya. Kebanyakan penderita kanker terjadi di wilayah Asia Timur dan Afrika, yang disebabkan faktor viral, diet, dan genetik. Dan paling sering terjadi pada kaum pria, dimana kanker nasofaring termasuk jenis kanker kepala dan leher yang langka.

Gejala ini dimulai pada bagian atas tenggorokan, tepatnya di belakang hidung yang disebut Nasofaring. Saat Anda bernafas, udara mengalir melalui hidung ke tenggorokan dan nasofaring, dan akhirnya masuk ke paru-paru. Sehingga tidak sedikit penderita yang juga mengalami metastasis kanker payudara, tenggorokan dan paru-paru.

Penyebab Kanker Nasofaring

Sampai saat ini pun para ilmuwan tidak pernah yakin, apa saja faktor penyebab kanker nasofaring. Terlepas dari itu, kanker ini sangat terkait dengan virus Epstein-Barr (EBV). Infeksi EBV biasa terjadi, dengan catatan bahwa tidak semua orang yang memiliki EBV akan terkena kanker nasofaring.

Menurut data medis, kebanyakan orang Amerika pernah terinfeksi EBV dan tidak pernah mengalami masalah jangka panjang. Kesimpulannya, bahwa sistem kekebalan tubuh bisa menghancurkan virus. beberapa faktor lain penyebab kanker nasofaring antara lain:

1. Kanker nasofaring juga terjadi pada seseorang yang mengkonsumsi makanan kaya akan ikan dan daging yang diasamkan.

2. Perokok dan peminum alkohol, kuduanya sangat beresiko menderita kanker nasofaring.

3. Beberapa ilmuwan mengatakan, bahan kimia dibeberapa produk makanan bisa merusak DNA dalam sel.

4. Kasus yang satu ini jarang terjadi, dimana DNA virus yang bercampur dengan DNA manusia di sel nasofaring. Sehingga menyebabkan perubahan DNA, kemudian sel tumbuh dan membelah secara tidak normal, kemudian menyebabkan kanker.

Siapa saja yang berisiko mengalami kanker NPC? Selain faktor penyebab kanker nasofaring diatas, kanker ini umumnya diderita oleh laki-laki, usia dibawah 55 tahun, faktor genetik keturunan, dan telah terserang EBV. Dan risiko kanker nasofaring tertinggi pada orang-orang yang merokok, peminum alkohol, pekerja yang berinteraksi dengan debu kayu atau bahan kimia (formaldehid).

Gejala Awal Kanker Nasofaring

Banyak orang yang tidak menyadari gejala awal, sehingga membiarkan NPC berkembang dan ganas hingga menimbulkan kematian. Gejala awal kanker ini bisa ditandai sebagai berikut:

1. Pada mata, gejala kanker nasofaring diantaranya adalah pandangan blur atau penglihatan ganda.

2. Pada mulut, penderita mengalami kesulitan berbicara (termasuk suara serak).

3. Gejala dibagian wajah, biasanya sakit pada wajah atau mati rasa, dan sering sakit kepala.

4. Pada telinga, ditandai dengan gangguan pendengaran, sering mengalami infeksi telinga. Telinga berdenging atau telinga terasa penuh.

5. Pada hidung dan tenggorokan ditandai gejala sering mimisan, hidung tersumbat, benjolan di leher atau hidung, dan sakit tenggorokan.

Dengan mengenali penyebab kanker nasofaring dan gejala penyakit ini, setidaknya setiap orang bisa memeriksa diri sendiri. Hal ini untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker menjadi ganas. Atau jangan sampai terjadi metastasis kanker paru-paru dan tenggorokan. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Brokoli Bagus Jaga Kesehatan Usus
Sabtu, 21 Okt 2017 | 06:31 WIB
Brokoli Bagus Jaga Kesehatan Usus

KOMENTAR

Inilah Penyebab Kanker Nasofaring dan Gejalanya

BERITA TERKAIT

Top