Sabtu, 22 September 2018 |
News Room

Ini yang Harus Diperhatikan Agar Pertanggungjawaban Hibah dan Bansos Aman

Senin, 16 Okt 2017 | 21:13 WIB Dibaca: 278 Pengunjung

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten, Nandy S Mulya. (Foto: Dok NEWSmedia)

SERANG, [NEWSmedia] - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten, Nandy S Mulya menegaskan, setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh penerima hibah dan bantuan sosial (Bansos) dalam administrasi pertanggungjawabannya.

Pertama, menurut Nandy, laporan penggunaan hibah bansos, kedua, surat pertanggungjawaban yang menyatakan bahwa dana telah diterima dan telah digunakan sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) atau proposal yang telah disetujui.

"Ketiga, bukti-bukti pengeluaran yang lengkap dan sah. Dan dari sisi kepatuhan ketiganya harus disampaikan kepada gubernur paling lambat tanggal 10 Bulan Januari tahun anggaran selanjutnya," kata Nandy pada acara Bimbingan Teknis Tata Cara Penyusunan Pertanggungjawaban Hibah dan Bansos Tahun 2017 di Aula Kantor BPKAD Banten, Senin (16/10/2017).

Ia mengatakan, belanja hibah dan bansos selalu menjadi pusat perhatian, baik oleh steakholder maupun pihak pemeriksa.

"Hampir setiap tahun kita mendapatkan catatan-catatan pemeriksa terkait belanja hibah dan bansos. Catatan yang paling banyak adalah kelengkapan administrasi dan kepatuhan melaporkan penggunaan hibah dan bansos," katanya.

Sementara itu, Inspektur Banten, E Kusmayadi berharap peran serta masyarakat untuk mengawasi dan melaporkan langsung kepada tim saber pungli jika menemukan indikasi pemotongan dan temuan gratifikasi terhadap program tersebut.

"Bisa dilaporkan langsung ke Inspektorat atau Polda Banten. Masyarakat yang melaporkan jangan khawatir mendapatkan intimidasi atau ancaman kepada pihak-pihak terkait karena identitasnya akan dirahasiakan. Bahkan kami sedang menyusun Pergub tentang Pengaduan Masyarakat," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Calon Guru dari FKIP Unbaja Diberi Pembekalan
Sabtu, 22 Sept 2018 | 13:14 WIB
Calon Guru dari FKIP Unbaja Diberi Pembekalan
Harga Emas Antam Merosot Rp 3.000 per Gram
Sabtu, 22 Sept 2018 | 11:00 WIB
Harga Emas Antam Merosot Rp 3.000 per Gram
8.000 Formasi CPNS Tersedia di Portal SCCN BKN
Sabtu, 22 Sept 2018 | 10:25 WIB
8.000 Formasi CPNS Tersedia di Portal SCCN BKN

KOMENTAR

Ini yang Harus Diperhatikan Agar Pertanggungjawaban Hibah dan Bansos Aman
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top