Sabtu, 19 September 2020 |
News Gallery

Ini Yang Harus Diajarkan Pada Anak Sejak Usia Dini

Senin, 17 Okt 2016 | 09:05 WIB Dibaca: 1127 Pengunjung

foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Memiliki anak yang baik, mengerti akan sopan santun dan peduli akan kesehatan tentunya menjadi kebanggaan dan dambaan bagi setiap orang tua. Hanya saja kebiasaan baik seperti itu, bukanlah perkara yang mudah dan terkadang para orangtua tidak mengetahui bagaimana cara terbaik untuk mendidik anak-anak mereka agar dapat melakukan kebiasaan baik tersebut.

Salah satu cara yang tepat untuk mengajarkan anak agar dapat berperilaku dan berkebiasaan baik maka orangtua perlu menjadi panutan atau contoh untuk anak-anaknya. Anak dapat belajar hampir dari keseluruhan apa yang mereka lihat, oleh karena itu penting sekali untuk menunjukan kepada mereka pola yang baik untuk diikuti. Untuk itu, jagalah sikap dan perilaku kita sebab apa yang kita lakukan akan pula memainkan peran pada kebiasaan dan perilaku anak.

Mengajarkan Anak Bertanggung Jawab

Mengajarkan anak tanggung jawab pada anak adalah hal yang penting. buatlah anak agar dapat mengambil tanggung jawab atas segala tindakan yang mereka perbuat. Dengan demikian, kebiasaan ini diharapkan dapat tertanam hingga anak berusia dewasa dengan demikian mereka akan lebih menghargai hidup dan menghargai orang lain. Misalkan ketika anak bermain dengan mainannya dan mulai membenjiri kamarnya dengan mainan-maianan. Setelah ia selesai bermain, mintalah anak untuk kembali membereskan kamar menjadi keadaan semula. Hal seperti ini mungkin dianggap sepele, hanya saja jika tidak diajarkan sejak kecil, hal ini mungkin akan berdampak buruk untuk anak.

Sopan Santun

Hal selanjutnya yang harus anda ajarkan pada sikecil adalah tentang sopan santun atau perilaku yang baik. Lihatlah disekitar anda, anda akan mendapati bahwa saat ini bukan saja anak-anak yang kurang mengetahui makna sopan santun, bahkan orang dewasa sekalipun terkadang kurang memahaminya. Anak-anak selalu belajar dari manapun mereka bisa, baik dari lingkungan maupun dalam keluarganya. Untuk itu, penting sekali memperlihatkan sikap yang baik dan sopan santun agar mereka dapat belajar mengikuti perilaku tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan kata 'tolong' dan 'terimakasih', hal ini bertujuan untuk membiasakan anaka agar mereka memiliki sikap sopan santun. [bdc/05]

Penulis: Newsmedia
Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Yang Harus Diajarkan Pada Anak Sejak Usia Dini

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top