Minggu, 07 Juni 2020 |
News Gallery

Ini Trik Mencuci Hingga Menyimpan Kerudung yang Tepat Bagi Para Hijabers

Kamis, 02 Feb 2017 | 18:13 WIB Dibaca: 764 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Sebagai hijabers pemula, terkadang masih banyak yang kurang memperhatikan trik merawat kerudung milik mereka. Inilah yang kemudian menyebabkan kerudung menjadi mudah rusak, kusut, dan tidak tahan lama.

Padahal, penting adanya memperhatikan cara merawat kerudung agar kualitas kerudung tetap baik dan dalam keadaan rapi. Bagaimana triknya? Berikut uraiannya seperti dilansir Hautehijab, Selasa (31/1/2017).

Cuci kerudung tidak bersamaan dengan pakaian 
Agar kerudung tahan lama, tidak kusut, dan tak mudah rusak, hindari mencucinya bersamaan dengan pakaian lain. Biasakan untuk mengumpulkan kerudung yang akan dicuci dalam satu ember kosong. Mencuci kerudung bersama dengan pakaian lain membuat kerudung menjadi kusut. 

Rendam kerudung dalam air hangat
Semua jenis kerudung dengan ragam material, seperti sifon, satin, sutera, tenun, jersey, dan lainnya, bisa digabungkan dalam satu wadah saat mencucinya. Rendamlah dalam air hangat untuk menghilangkan bakteri dan kotoran yang menempel. Gunakan sabun deterjen lembut yang tak merusak kualitas kerudung dan tak mengubah warna dan materialnya. Jika terdapat aroma yang tak sedap atau noda yang belum hilang, jangan ragu untuk menambahkan baking soda. Cucilah dengan tangan dan bukan dengan mesin cuci. 

Cara menjemur
Ingat, untuk tidak menjemur kerudung langsung di bawah sinar matahari agar warnanya tidak cepat memudar. Jemur kerudung kesayangan di tempat yang teduh dalam kondisi bagian kerudung dalam berada di luar sehingga warnanya tidak cepat kusam atau pudar. Saat memerasnya pun jangan terlalu keras agar tak merusak kualitas dan materialnya. Keringkan kerudung secara alami dengan diangin-anginkan. 

Proses menyetrika
Saat menyetrika kerudung pun tak bisa asal, perhatikan suhunya agar tidak merusak kualitas kerudung kesayangan Anda. Untuk material kerudung berbahan tenun, jersey, viscose, akan mudah rusak sehingga penting untuk menyetrikanya dengan suhu panas yang rendah. Begitu pula untuk material kerudung satin atau sutera yang licin, suhu setrika yang terlalu panas membuat kerudung dengan dua bahan tersebut berisiko robek. 

Menyimpan kerudung
Nah, kini saatnya meletakkan kerudung agar tetap rapi sehingga terjaga kualitasnya. Bukan meletakkannya bertumpuk di dalam lemari, sebaiknya gantungkan pada gantungan khusus sehingga tak mudah kusut. Sebelum menggantungnya, lipat kerudung terlebih dulu agar rapi. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Trik Mencuci Hingga Menyimpan Kerudung yang Tepat Bagi Para Hijabers

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top