Rabu, 23 Juni 2021 |
News Gallery - Lifestyle

Ini Tips Orangtua Batasi Anak Akses Internet 

Sabtu, 09 Jun 2018 | 09:30 WIB Dibaca: 661 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Bayangkan sehari saja tanpa smartphone atau koneksi internet. Kira-kira apa yang akan kamu rasakan? Gelisah? Ada yang kurang? Gatal ingin membuka media sosial? Ya, kebanyakan orang zaman now memang tak bisa bertahan sehari saja tanpa mengakses akun media sosialnya, terlebih generasi milenial.

Bahkan survei oleh Global Web Index tahun 2016 menunjukkan rata-rata orang menghabiskan waktu dua jam setiap hari hanya untuk membuka media sosial. Padahal, terlalu banyak menggunakan media sosial tak baik untuk kesehatan dan mental. Tak hanya itu saja, Anak-anak bahkan yang masih berusia balita, kini sudah sangat mahir menggunakan gadget. Hanya dengan melihat dan meniru, anak-anak sudah bisa membuka YouTube, media sosial serta mengakses internet.

Seperti yang kita tahu, dalam penggunaan internet, seorang anak balita maupun remaja (milenial) butuh batasan agar tidak mengakses informasi atau konten yang tidak sesuai dengan usianya. Jika saat ini buah hati di rumah mulai bisa mengutik-utik dunia maya, pastikan ada aturan yang diterapkan. Mungkin daftar aturan berikut bisa jadi contoh.

Terlibat

Pertimbangkan kegiatan yang dapat Anda kerjakan bersama-sama, baik itu bermain game, meneliti topik yang telah Anda bicarakan, atau menyusun scrapbook digital. Ini akan memungkinkan Anda mengawasi aktivitas online anak Anda sambil mengajarinya kebiasaan komputer yang tepat.

"Waktu akses internet kan akses ke dunia maya, yang artinya kita tidak bisa melihat secara fisik semuanya maya, orang jelek masih bisa cantik di dunia maya. tapi orang baik bisa jadi jahat di internet," papar Regional Director, Fortinet Indonesia.

Orangtua Peringatkan tentang bahaya

Atur aturan dan peringatkan tentang bahaya. Pastikan anak Anda mengetahui batas-batas apa yang boleh dia lakukan di komputer. Batas-batas ini harus sesuai dengan usia, pengetahuan, dan kedewasaan anak.

"Teknologi berkembang sangat cepat sekali, dimana pun teknologi ini bergerak pertama kembali pada basik sebagai orangtua mengawasi anak kita. Mengajarkan moral seperti keagamaan itu yg harus disuntik, karena itu yg tidak ada di dunia maya, dengan harapan. mengajarkan baik dan buruk serta konsekuensinya apa? karena teknologicepat dan luas, kalau kita mau kekang semua mugkin anak menjadi kuper malah dibully temannya," beber Edwin.

Tentukan aplikasi

Ada fitur di Google Android, iOS, dan Windows 10 yang memungkinkan orangtua menentukan aplikasi mana yang dapat diakses oleh anak-anak mereka di tablet dan perangkat seluler. Fitur-fitur ini akan memblokir akses ke semua aplikasi yang tidak sah.  [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Tips Orangtua Batasi Anak Akses Internet 

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top