Rabu, 08 Juli 2020 |
Kesehatan - News Gallery - Lifestyle

Ini Tips Mencegah Karies Gigi Pada Anak

Rabu, 21 Mar 2018 | 09:31 WIB Dibaca: 664 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Sejak dini, anak harus diajarkan rajin menyikat gigi agar kesehatan rongga mulut tetap terawat. Sayangnya, karena tak membiasakan sejak kecil, banyak masalah kesehatan yang mereka alami.

Salah satunya karies gigi, anak-anak usia sekolah banyak menderita masalah rongga mulut ini yang menyakitkan. Orangtua sayangnya tidak pernah menyadari hal itu, karena tak membiasakan sikat gigi sejak kecil.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia Dr drg Hananto Suseno, SpBM, MM menjelaskan, karies gigi pada anak terjadi karena sisa-sisa susu yang menempel di rongga mulut. Kuman jadi menyukai dan akhirnya mudah berkembang biak.

"Saat malam hari sebelum tidur, sisa-sisa susu di mulut lupa dibersihkan. Jadilah karies terjadi dari hasil fermentasi kuman dan bakteri," ujar drg Seno.

Seharusnya, karies gigi pada anak dapat dicegah. Orangtua harus rutin membersihkan gigi mereka sejak bayi. Kalau tidak, dampaknya hingga dewasa karies akan menempel dan sulit dihilangkan.

Sementara itu, pada anak-anak yang suka makanan manis, tidak lepas dari risiko munculnya karies. Tak pelak, seharusnya orangtua menjauhkan risiko itu, supaya kesehatan rongga mulutnya tetap terjaga.

Untuk mencegah karies, ada hal yang harusn diperhatikan oleh kalangan orangtua. Anda harus rajin menyikat gigi anak atau membersihkan sejak usia bayi.

"Kalau anak kecil di bawah dua tahun, setelah minum susu bisa dibersihkan dengan cotton bud dan air hangat," sarannya.

Khusus anak-anak yang sudah mampu menggosok gigi dengan odol, ajarkan mereka tekniknya yang benar. Minimal, Anda mengajak anak-anak untuk sikat gigi minimal dua kali sehari.

Kemudian, orangtua jangan malas mengantarkan anaknya konsultasi ke dokter gigi. Sejak usia satu tahun, ajak mereka untuk bertemu dengan dokter agar mereka tidak trauma di kemudian hari.

"Karena selama ini banyak orangtua mengajak anaknya ke dokter gigi saat sakit. Akibatmya, traumanya ada sampai dewasa, seumur hidupnya," pungkasnya. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Tips Mencegah Karies Gigi Pada Anak
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top