Selasa, 19 November 2019 |
News Room - Politik - Banten Memilih

Ini Tata Cara Pengundian Nomor Urut Pasangan Cagub-Cawagub Banten

Selasa, 25 Okt 2016 | 06:31 WIB Dibaca: 1369 Pengunjung

Ketua KPU Banten, Agus Supriyatna.*

SERANG, [NEWSmedia] - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, kemarin telah menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada Banten 2017, yakni Rano Karno berpasangan dengan Embay Mulya Syarief dan Wahidin Halim berpasangan dengan Andika Hazrumy.

Pasangan Rano-Embay didukung tiga partai yakni PDI-Perjuangan, PPP dan Nasdem, sedangkan pasangan Wahidin-Andika didukung tujuh partai yakni Golkar, Demokrat, Hanura, PKS, PAN, PKB dan Gerindra.

Siang ini pada puku 13.00 WIB, KPU Banten akan melakukan nomor urut untuk dua pasangan calon tersebut di Hotel Marbella Anyer Kabupaten Serang.

Ketua KPU Provinsi Banten, Agus Supriyatna berharap acara pengundian nomor urut siang ini berjalan dengan aman dan tertib. Pengamanan pada saat pengambilan nomor urut melibatkan personel Polda Banten, dan TNI.

"Kami berharap prosesnya berjalan dengan lancar,” kata Agus usai rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten untuk Pilkada 2017 di Aula KPU Banten, Senin (24/10/2016).

Untuk teknis pengundian, KPU akan menggunakan cara yang fair, yakni setiap pasangan calon akan diberi kesempatan untuk mengambil bola yang akan dijumlah. Pasangan calon yang mendapat bola lebih banyak, berhak untuk mengambil nomor urut yang sudah disiapkan di tempat undian.

Tata cara itu digunakan menghindari asumsi atau dugaan-dugaan yang mengindikasikan adanya ‘permainan’ saat pengundian nomor urut.

“Ini untuk menghindari dugaan KPU 'bermain', kita design pengundian nomor urut seperti itu. Soal pengambilan dilakukan oleh calon sendiri. Maka itu, calon wajib datang, tidak bisa diwakilkan,” kata Ketua Pokja Pencalonan KPU Banten, Syaeful Bahri

Syaeful mengungkapkan, pada acara pengundian nomor urut pihaknya membatasi jumlah pendukung pasangan calon yang hadir.

"Maksimal, pasangan calon membawa 100 orang. Ini untuk menjaga kondusivitas kegiatan,” ujarnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Tata Cara Pengundian Nomor Urut Pasangan Cagub-Cawagub Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top