Senin, 23 September 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Ini Tanda-Tanda Jika Terkena Penyakit Tipes

Jumat, 23 Mar 2018 | 06:31 WIB Dibaca: 1193 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] – Demam typhoid atau biasa disebut tipes disebabkan oleh infeksi bakteri di usus halus. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri Salmonella yang terdapat pada tinja atau kotoran binatang, yang menginfeksi manusia melalui makanan yang terkontaminasi.

Masa inkubasi biasanya berlangsung selama satu hingga dua minggu, sementara sakit tipes bisa dialami tiga sampai empat minggu. Gejalanya adalah sebagai berikut, seperti yang telah dirangkum.

Ini adalah gejala yang paling umum ketika seseorang mengalami tipes atau demam typhoid. Demam bisa menjadi tinggi mencapai suhu 39,4 atau 40 C.

Gejala ini juga diikuti dengan sakit kepala yang tidak nyaman, disusul juga dengan rasa lemas dan kelelahan yang tidak kunjung usai. Badan juga sering kali merasa mengigil.

Batuk kering

Pada minggu awal kadang muncul juga batuk kering sebagai gejala dari penyakit tipes. Di samping itu, pasien tipes juga mengalami penurunan nafsu makan yang cukup buruk.

Jaga kondisi badan dengan tetap mengasup makanan bernutrisi, jangan lupa untuk tetap memperhatikan konsumsi air putih untuk menghindari kondisi dehidrasi.

Diare

Selain nyeri otot, demam tinggi, dan rasa lelah, masalah pada pencernaan pun kerap terjadi. Baik itu diare atau konstipasi (sembelit). Dari luar pun, perut nampak lebih kembung. Perut yang kembung biasanya dialami oleh pasien dewasa.

Jangan tunggu lama untuk memeriksakan diri ke dokter. Sebab, tipes yang dibiarkan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius seperti misalnya pendarahan usus.

Mual muntah

Salah satu gejala umum yang terjadi jika saluran pencernaan terganggu yaitu munculnya rasa mual dan muntah. Sama halnya yang dialami oleh pasien demam tifoid ketika bakteri mulai menyerang bagian pencernaannya.

Di samping itu, pasien tipes cenderung merasa lelah dan lemas sepanjang waktu, sehingga berbaring tanpa banyak melakukan aktivitas merupakan posisi yang paling nyaman.

Ciri lain

Beberapa pasien demam tifoid atau tipes memiliki ciri tak selalu sama persis. Seperti misalnya mengenai ruam-ruam merah yang terkadang juga muncul sebagai pertanda adanya tipes.

Periksakan lebih lanjut kepada dokter untuk memastikan penyakit yang sedang kamu alami. Dokter mungkin akan memintamu melakukan pemeriksaan darah di laboraturium untuk hasil yang akurat dan penanganan lebih lanjut. [htd]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Tanda-Tanda Jika Terkena Penyakit Tipes

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top