Sabtu, 04 April 2020 |
News Room - Politik

Ini Syarat Dukungan KTP Bagi Calon Independen untuk Pilkada Serentak di Wilayah Banten

Rabu, 06 Sept 2017 | 10:45 WIB Dibaca: 1097 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan ketentuan untuk syarat dukungan KTP bagi bakal calon yang akan maju lewat jalur perseorangan atau independen pada Pilkada serentak tahun 2018 di dua Kabupaten dan dua kota di wilayah Provinsi Banten.

Banyaknya dukungan KTP bagi bakal calon perseorangan di empat daerah di Banten yang menggelar Pilkada tersebut, disesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Pilgub Banten 2017.

"Misal Kota Serang, DPT terakhir 455.291 pemilih, dengan presentasi 8,5 persen dari DPT, sehingga minimal dukungan bagi calon perseorangan di Kota Serang sebanyak 38.700 KTP dan harus tersebar 50 persen plus satu kecamatan, di Kota Serang ada enam kecamatan, berarti dukungan itu harus tersebar di empat kecamatan, lebih dari empat, boleh," kata Komisioner KPU Banten, Syaeful Bahri di kantor KPU Banten, Selasa (5/9/2017).

Untuk Kota Tangerang, syarat dukungan KTP berdasarkan jumlah DPT terakhir Pilgub Banten 2017 di kota tersebut yaitu sebanyak 1.127.914 pemilih, dengan presentasi 6,5 persen, sehingga bakal calon perseorangan harus mengumpulkan sebanyak 73.315 lembar fotokopi KTP yang tersebar minimal di tujuh kecamatan.

Untuk Kabupaten Lebak, syarat dukungan untuk calon perseorangan yaitu sebanyak 70.233 lembar fotokopi KTP dengan sebaran minimal 15 kecamatan. Perhitungannya adalah DPT di daerah tersebut sebanyak 936.428 pemilih dengan presentasi 7,5 persen.

Terakhir, untuk Kabupaten Tangerang, jumlah DPT di daerah tersebut sebanyak 2.220.280, maka minimal dukungannya fotokopi KTP yang harus dipenuhi oleh bakal calon dari jalur perseorangan, sebanyak 131.450 fotokopi KTP yang tersebar minimal di 15 kecamatan.

"Kami berharap, siapapun, tokoh yang akan mencalonkan diri sebagai independen, masih punya waktu untuk mencari pasangan dan dukungannya dengan mendatangi masyarakat dan meminta KTP dan juga menyerahkan surat dukungan atau form C1KWK yang ditandatangani sebagai bentuk dukungannya," tutur Syaeful.

Adapun penyerahan dukungan bagi bakal calon perseorangan dilakukan pada tanggal 25 sampai 29 November 2017 di KPU kota/ kabupaten masing-masing.

Selain itu, Syaeful mengimbau kepada seluruh KPU kabupaten/ kota di Banten yang akan melakukan Pilkada serentak 2018, agar melayani bakal calon perseorangan dengan sebaik-baiknya.

"Kita sudah mendorong KPU agar banyak agenda sosialisasi dan menghubungi tokoh atau bakal calon independen agar diberi pelayanan yang bisa membantu untuk mempersiapkan dokumen sesuai PKPU," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Syarat Dukungan KTP Bagi Calon Independen untuk Pilkada Serentak di Wilayah Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top