Kamis, 02 Juli 2020 |
News Room

Ini Pesan Mendagri Kepada Pemilik Media

Jumat, 27 Jul 2018 | 13:22 WIB Dibaca: 351 Pengunjung

Mendagri Tjahjo Kumolo saat hadir di Rakernas SMSI III di Jakarta, Kamis (26/7/2018).*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengungkapkan beberapa hal yang perlu mendapat perhatian penting dari para pemilik media massa di Indonesia.

Pertama, menurut Tjahjo, menjelang Pemilu 2019, ia berpesan agar para pemilik media massa, termasuk media online, ikut berupaya meningkatkan partisipasi pemilih dan menolak politik uang.

“Bulan Agustus, partai-partai menyerahkan nama calon presiden. Kampanye harus adu ide, adu konsep, adu gagasan, adu program dan menghindar fitnah, menyebar kebencian dan hoaks,” kata Tjahjo di hadapan pengurus dan anggota SMSI dari 31 provinsi di Sari Pan Pacific Hotel, Jakarta Pusat, Kamis (26/7/2018).

Yang kedua, Tjahjo mengulas tentang penyebab korupsi yang sering terjadi di Indonesia, sebab menurutnya, sifat koruptif tersebut muncul karena tidak semua kepala daerah di Indonesia memiliki sinergi dan visi yang baik dengan pemerintah pusat.

“Ada area yang menjadi peluang korupsi yaitu perencanaan anggaran, dana hibah dan basnsos, retribusi dan pajak, distribusi barang dan jasa, jual beli jabatan dan perjalanan dinas,” terangnya, seraya mengajak media memperkuat peran pengawasan terhadap perilaku korupsi tersebut.

Selain itu, Tjahjo menuturkan hal yang menjadi tantangan bersama seluruh elemen masyarakat Indonesia, terkait faham radikalisme dan terorisme, bahakn menurutnya, saat ini jumlah Ormas yang ada di Indonesia sebanyak 385.418.

“Ini yang terdaftar dan masih banyak yang belum terdaftar. Banyak yang ingin mengubah UUD 1945, mengubah ideologi, memecah belah kebhinekaan secara terang-terangan,” ujar mantan Sekjen PDI Perjuangan itu.

Dengan demikian, Tjahjo mengajak kepada seluruh pemilik media untuk ikut menanamkan rasa cinta terhadap Indonesia dan menghindari faham radikalisme dan terorisme.

“Indonesia juga darurat narkoba. Banyak yang meninggal karena narkoba dan di rehabilitasi. Narkoba masuk lewat jalan tikus lewat daerah perbatasan misalnya Kepri,” ujar Tjahjo menyebut isu yang keempat. [rls]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Pesan Mendagri Kepada Pemilik Media

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top