Jumat, 17 Agustus 2018 |
News Room - Pendidikan

Ini Pesan Gubernur Banten untuk Rofi, Anak Difabel yang Ditolak Daftar Sekolah

Sabtu, 07 Jul 2018 | 14:56 WIB Dibaca: 410 Pengunjung

Rofi Firdhan Ilhamda. (Foto: iNews)

SERANG, [NEWSmedia] - Gubernur Banten Wahidin Halim memberi perhatian terhadap persoalan yang menimpa Rofi Firdhan Ilhamda (16), anak penyandang disabilitas di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak yang pada PPDB 2018 kemarin ditolak daftar ke SMK umum.

WH, panggilan akrab Gubernur Banten mengaku telah memerintahkan kepada Dinas Pendidikan Banten untuk memberi perhatian secara khusus kepada Rofi dan juga anak-anak difabel lainnya, terutama mereka yang berprestasi.

Untuk persoalan Rofi, Gubernur memastikan bahwa anak dari pasangan Sutisna dan Gita Rahayu Utami itu, kini sudah bisa tersenyum. Rofi diterima masuk di SMKN 2 Lebak dan Senin (9/7/2018) akan melakukan pendaftaran ulang.

Diketahui, Rofi ditolak saat akan mendaftar ke SMK PGRI Rangkasbitung. Alasan pihak sekolah karena Rofi termasuk penyandang disabilitas dan harus mendaftar di sekolah berkebutuhan khusus.

Sebelum mendaftar ke SMK PGRI, Rofi sempat mendaftar ke SMK Negeri 2, tetapi tidak bisa karena salah daftar (PPDB sistem online).

WH pun mengingatkan semua pihak, bahwa masa depan dan pendidikan anak bukan saja tanggungjawab diri pribadi dan orang tuanya, tapi menjadi tanggungjawab masyarakat dan negara/pemerintah. Terlebih lagi kepada anak-anak yang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas.

“Oleh karena itu, kasus Rofi tidak boleh terulang, hal ini sudah saya pastikan kepada Dindik Banten,” kata WH melalui siaran pers yang disampaikan Tenaga Ahli Gubernur Banten Bidang Media dan Public Relations, Ikhsan Ahmad kepada NEWSmedia, Sabtu (7/7/2018).

Diketahui, Rofi dikenal sebagai siswa berprestasi. Lulusan SMPN 1 Rangkasbitung itu kerap meraih prestasi di kelas dan menjuarai berbagai perlombaan meski hanya dengan menggunakan kursi roda.

Gubernur pun berpesan kepada Rofi agar tidak mengingat lagi peristiwa yang sudah lalu bahwa dirinya sempat ditolak masuk sekolah karena menyandang disabilitas.

“Justru kini Rofi harus semakin rajin belajar dan membuktikan bahwa keterbatasan fisik tidak menjadi pembatas untuk menjadi yang terbaik,” ucap WH.

WH juga berpesan kepada seluruh lembaga pendidikan di Banten, agar lebih memberikan perhatian khusus kepada anak-anak difabel. “Mereka adalah warga negara sekaligus tunas bangsa yang punya hak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas serta berkompetisi di dalamnya,” ujarnya.

Pelaksanaan PPDB akan Dievaluasi

WH pun mengatakan akan mengevaluasi proses pelaksanaan PPDB 2018 yang masih terkendala di beberapa kabupaten/kota karena faktor SDM dan penguasaan teknologi yang masih gagap di lapangan.

“Insya Allah ke depan PPDB di Banten akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, karena PPDB bukan saja mesti dipahami sebagai proses pelaksanaan penerimaan peserta didik baru, tapi juga menjadi bagian dari proses penentuan masa depan anak dan kualitas kehidupan masyarakat di masa mendatang,” ujarnya.

Diarahkan Ambil Jurusan TKJ atau Multimedia

Bupati Lebak, Iti Octavia jayabaya pada Kamis (5/7/2018) sudah mendatangi kediaman Rofi Firdhan Ilhamda di Kampung Lebak Saninten, Kelurahan Muara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

lti Octavia menanyakan langsung kronologi yang sebenarnya terkait terjadinya penolakan Rofi untuk mendaftar di beberapa sekolah di Rangkasbitung dengan alasan karena cacat fisiknya.

“Rofi bukan keterbelakangan mental tapi fisik dan boleh sekolah di mana saja,” kata Iti yang ketika itu duduk di samping Rofi.

Iti mengungkapkan, di balik keterbatasan fisiknya, Rofi merupakan anak muda berprestasi dari segi akademis maupun bakat olahraga. Rofi merupakan atlet olahraga mewakili Kabupaten Lebak dan Provinsi Banten.

“Rofi memiliki minat di sekolah pertanian, kami coba menyarankan dan mengarahkan agar Rofi mengambil jurusan lain seperti jurusan TKJ atau komputer (multimedia) dikarenakan jurusan pertanian banyak kegiatan di lapangan. Jika di jurusan TKJ, dia bisa berkarya di balik meja dan kita akan membantu Rofi sepenuhnya agar masuk di sekolah yang dia inginkan,” ujarnya. [ia/fb/rh]

Editor: Rapih Herdiansyah
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Pesan Gubernur Banten untuk Rofi, Anak Difabel yang Ditolak Daftar Sekolah
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top