Selasa, 11 Desember 2018 |
News Room

Ini Penyebab Terjadinya Angin Kencang di Wilayah Banten

Selasa, 16 Jan 2018 | 12:26 WIB Dibaca: 526 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Serang menyebutkan, penyebab angin kencang yang terjadi di Wilayah Provinsi Banten akhir-akhir ini disebabkan adanya dorongan masa udara dari laut Cina Selatan.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Prakirawan BMKG Kelas I Serang, Tri Asmarahadi saat ditemui NEWSmedia di Ruang Kerjanya, Selasa (16/1/2018).

"Kalau dilihat dari pola streamland atau pola angin, ada dorongan masa udara dari laut Cina Selatan, akibat tekanan yang ada di Hongkong, jadi ada dorongan yang kuat sehingga aliran masa udara dari Selatan semakin kencang," kata Tri.

Meski demikian, lanjut Tri, tekanan angin saat ini masih terbilang normal, sebab menurutnya, bulan Januari merupakan puncak musim hujan di Wilayah Asia.

"Kecepatan angin berkisar antara 5 sampai 20 knot, masih normal, karena sekarang sudah masuk musim hujan, Januari-Februari, pengaruh dari suhu, suhu berpengaruh pada cuaca, akibatnya seperti ini, kadang berwawan, hujan ringan sampai hujan sedang," terangnya.

Ia mengungkapkan, meski sebelumnya pernah terjadi Siklon Dahlia yang menyebabkan cuaca ekstrem di Banten, namun untuk saat ini, angin kencang tersebut terjadi karena siklus biasa di musim penghujan.

"Mungkin akan normal kembali di bulan Maret, tidak ads siklon seperti sebelumnya, ini hanya siklus biasa di bulan Januari-Maret dan tidak ada gangguan di sekitar Banten yang mempengaruhi angin, ini masih normal," ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin pergi ke laut, agar mang-update informasi dari BMKG, terutama nelayan di Wilayah Selat Sunda bagian Utara, sebab menurutnya, gelombang di wilayah tersebut diprediksi mencapai ketinggian 1,25 meter sampai 5 meter.

"Kalau di perairan Banten bagian Selatan, dari Labuan, Malingping sampai Bayah, gelombang mencapai 4 meter," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Penyebab Terjadinya Angin Kencang di Wilayah Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top