Kamis, 09 Juli 2020 |
Tekno

Ini Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit

Senin, 11 Mei 2020 | 15:53 WIB Dibaca: 214 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] -  Kondisi munculnya bunyi berdecit dari perangkat rem sepeda motor biasa ditemukan oleh pengendara. Suara decit itu sebenarnya patut diperhatikan oleh pemilik sepeda motor, karena bisa menjadi pertanda adanya masalah pada komponen pengendali laju kendaraan tersebut.

Penyebab umum dari suara berdecit perangkat rem motor adalah munculnya kotoran di sejumlah bagian, termasuk kampas. Terlebih sisa debu dan kerak bekas lumpur karena pengguna motor melaju dalam cuaca hujan. Bunyi berdecit bisa hilang saat pemilik kendaraan melakukan pembersihan secara seksama.

Faktor lain dalam munculnya suara berdecit dari perangkat rem motor adalah kondisi kampas mulai habis. Bunyi itu berasal dari gesekan logam kampas yang mulai menipis dengan piringan rem, sehingga bisa terjadi secara terus-menerus sampai kampas diganti.

"Indikator keausan berupa garis bisa digunakan sebagai patokan kondisi kampas rem, kalau garis sudah hilang atau menipis maka segera saatnya diganti," ujar Teknisi Senior bengkel resmi salah satu produsen motor, Budi Aryadi.

Menggunakan komponen kampas rem yang aus bisa berbahaya bagi pengendara karena bisa kehilangan kemampuan untuk menahan laju kendaraan. Terlebih apabila motor digunakan secara rutin oleh pemiliknya, maka usia pakai komponen kampas rem bisa berkurang lebih cepat. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top