Kamis, 15 November 2018 |
News Room - Peristiwa

Ini Penyebab Kemacetan di Jalan Tol Dari Tangerang Menuju Serang

Selasa, 18 Okt 2016 | 23:11 WIB Dibaca: 3420 Pengunjung

Dok: net

SERANG, [NEWSmedia] - Kemacetan lalu lintas terjadi di ruas tol dari arah Balaraja, Tangerang menuju Serang. Antrean kendaraan terjadi sekitar pukul 15.30 WIB dengan panjang lebih dari sepuluh kilometer mulai dari Balaraja-Tangerang hingga gerbang tol Ciujung-Serang.

“Mohon disampaikan kepada PT MMS, tol Tangerang-Merak macet 14 kilometer dari dekat Balaraja hingga Ciujung, karena ada perbaikan jalan,” kata Karyono, warga yang mengirim informasi melalui fanpage facebook NEWSmedia, petang tadi.

Selain Karyono, ada beberapa pesan yang masuk dari beberapa pengguna jalan. Akun facebook bernama Haji Mimi mengirimkan informasi bahwa di ruas tol Tangerang-Merak terjadi kemacetan panjang.

“Tolong diberitakan ini jalan tol macet begini. Saya sudah hampir satu jam kejebak macet,” kata akun bernama Haji Mimi.

Annita , pengguna jalan tol lainnya mengaku sudah hampir tiga jam terjebak dalam kemacetan di dalam tol mulai dari Balaraja . Ia berangkat dari kawasan Tomang, Jakarta sekitar pukul 19.30 WIB tadi, namun sampai pukul 22.30 WIB masih terjebak macet.

“Harusnya jam 9 sudah sampai Serang. Tapi ini Ciujung pun belum,” kata Anita melalui facebook messenger.

Saat dikonfirmasi, Manager Lalu Lintas dan Informasi Operasional PT Marga Mandala Sakti, Rahmatullah mengungkapkan, kemacetan terjadi karena imbas dari perbaikan jalan yang lokasinya berada di luar jalan tol.

“Ini karena ada pekerjaan di jalan nasional tepatnya di sekitar Pasar Kragilan,” kata Rahmatullah.

Ia menjelaskan, perbaikan jalan nasional di sekitar Pasar Kragilan, Kabupaten Serang tersebut berimbas pada arus lalu lintas di jalan tol dari arah Jakarta yang akan keluar di gerbang tol Ciujung.

“Pekerjaan mengurangi kapasitas jalan dan mengganggu tingkat kelancaran lalu lintas di jalan nasional, sehingga berangsur kepadatan di jalan nasional. Karena itulah kendaran dari jalan tol tidak bisa keluar dengan lancar di Ciujung,” ungkapnya.

Menurut Rahmat, pihaknya telah memantau sejak sore hari dan perkembangannya tidak membaik, sehingga berbagai upaya telah dilakukan untuk mengurai antrean.

“Kita mencoba untuk melakukan beberapa upaya perencanaan rekayasa lalu lintas, salah satunya contra flow, untuk mengalihkan sebagian lalu lintas ke jalur yang berlawanan. Tapi krena ada beberapa pertimbangan soal keselamatan, contra flow tidak jadi diberlakukan,” kata Rahmat.

Hingga pukul 23.05 WIB, antrean kendaraan masih terjadi di ruas tol Tangerang menuju Serang. PT MMS selaku pengelola, terus mengupayakan untuk mengurai antrean dengan mengalihkan kendaraan untuk tidak keluar gerbang tol Ciujung.

Tidak sedikit pengguna jalan yang berhenti dan mematikan mesin kendaraannya karena arus lalu lintas tidak berjalan. Bahkan beberapa penumpang terlihat keluar dari kendaraannya. [rhd]

Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Penyebab Kemacetan di Jalan Tol Dari Tangerang Menuju Serang

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top