Selasa, 13 April 2021 |
News Room - Hukum

Ini Pasal yang Menjerat Ahok dalam Kasus Al Maidah 51

Rabu, 16 Nov 2016 | 11:30 WIB Dibaca: 1461 Pengunjung

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.*

[NEWSmedia] - Kepala Bareskrim Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto menyatakan pejawat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjatjaha Purnama atau Ahok sebagai tersangka. Berdasarkan dari penyelidikan Bareskrim sejak 10 Oktober lalu sampai saat ketika gelar pekara para penyidik yang berjumlah 27 orang didominasi yang beranggap kasus ini dinaikkan ke proses peradilan terbuka.

"Dengan menetapkan saudara Basuki Tjahaja Purnama sebagai tersangka," katanya, Rabu (16/11).

Ari mengatakan Bareskrin mewawancarai 39 saksi ahli dalam kasus penistaan, pencemaran dan penodaan agama yang tercantum dalam pasal 156 A KUHP. Selain itu Ahok juga dikenakan Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) pasal 28 ayat 2.

Para ahli itu antara lain terdiri dari ahli hukum pidana, ahli bahasa, ahli agama, dan ahli psikologi. Dari sejumlah keterangan ahli, Bareskrim mendapatkan ada perbedaan pendapat di kedua pihak.

"Perbedaan tajam para ahli mengenai apakah ada tindak pidana untuk menista agama," kata Ari Dono.

Perbedaan pendapat ini terjadi di antara lebih dari 20 ahli yang dihadirkan. Saksi itu berasal dari pihak Pelapor, pihak Terlapor, juga yang didatangkan penyelidik.

Tidak hanya ahli, perbedaan pendapat juga terjadi di kalangan penyelidik yang terdiri dari 27 orang.

"Diraih kesepakatan meskipun tidak bulat didominasi oleh pendapat yang menyatakan bahwa perkara ini harus diselesaikan di pengadilan terbuka," ujar Ari Dono.

Atas sejumlah pertimbangan itu, Bareskrim pun menetapkan Ahok sebagai tersangka.

"Akan ditingkatkan dengan tahap penyidikan dengan menetapkan Basuki Tjahaja Purnama sebagai tersangka," ujar Ari Dono. [05]

Penulis: Rpk
Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Pasal yang Menjerat Ahok dalam Kasus Al Maidah 51
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top