Rabu, 18 Juli 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Ini Faktanya Jika Pria Berisiko Tinggi Terkena Kanker Payudara

Kamis, 12 Okt 2017 | 06:31 WIB Dibaca: 264 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Oktober merupakan bulan peduli kanker payudara. Oleh karena itu di bulan ini kamu wajib mengetahui beberapa pengetahuan penting tentang penyakit kanker nomer 1 perenggut nyawa wanita ini. Salah satunya adalah fakta bahwa pria pun bisa terkena kanker payudara.

Menurut penelitian meskipun hanya dapat terjadi pada 1 pria di antara 400 pria, namun tingkat kelangsungan hidup pria penderita kanker payudara hanya berkisar 73%.

Berikut adalah fakta lainnya.

- Kasus kanker payudara pada pria diawali dengan ginekomastia atau suatu kondisi yang menyebabkan pembesaran payudara pada pria. Biasanya ginekomastia terjadi akibat konsumsi obat-obatan terlarang, pengaruh hormon, hingga infeksi dan racun.

- Penyakit lever yang parah seperti sirosis juga bisa meningkatkan risiko kanker. Sebabnya sirosis akan menyebabkan peningkatan kadar hormon estrogen dalam tubuh pria.

- Asupan makanan tinggi hormon estrogen juga bisa membuat pria berisiko tinggi alami kanker payudara.

- Pria yang menderita kondisi genetik langka yang disebut dengan sindrom Klinefelter juga bisa terkena kanker payudara. Sebab sindrom ini membuat pria dilahirkan dengan salinan ekstra dari kromosom X (47, XXY).

- Selain penyakit lever, penyakit testis seperti gondok orchitis atau peradangan di testis juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Faktanya Jika Pria Berisiko Tinggi Terkena Kanker Payudara
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top