Selasa, 21 November 2017 |
News Room

Ini Empat Tuntutan Pegawai Non PNS Pemprov Banten Kepada Gubernur

Jumat, 25 Agt 2017 | 11:49 WIB Dibaca: 592 Pengunjung

Salah seorang pegawai Non PNS Pemprov Banten membawa alat peraga aksi unjuk rasa menuntut peningkatan gaji.*

SERANG, [NEWSmedia] - Ratusan pegawai non Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di lingkungan Pemerintahan Provinsi Banten, melakukan aksi unjuk rasa ke kantor Gubernur Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang, Jumat (25/8/2017).

Dalam unjuk rasa tersebut, mereka menuntut soal gaji yang didapat setiap bulannya. Mereka juga menagih janji Gubernur Banten Wahidin Halim yang akan menaikan gaji pegawai non PNS sesuai dengan UMK.

Berikut empat poin tuntutan Forum Pegawai Non PNS Provinsi Banten kepada Pemprov Banten:

  1. Menagih janji Gubernur Banten untuk menaikan gaji non PNS sesuai UMK/UMP
  2. Menolak draft SSH 2018 (Point O) tentang Penggajian Non PNS Non Kategori yang disamakan dengan belanja jasa tenaga kerja lepas
  3. Menuntut keadilan persamaan honor seluruh non PNS Provinsi Banten yang dituangkan dalam draft SSH 2018
  4. Adanya pengakuan dari Gubernur Banten terhadap pegawai non PNS yang dituangkan dalam SK Gubernur Banten

Ketua Forum Pegawai Non PNS Provinsi Banten Rangga Husada mengungkapkan, para pegawai non PNS merasa kecewa, karena upah untuk tahun 2018 mendatang berdasarkan draft satuan standar harga (SSH) masih sama dengan tahun ini.

Padahal, Gubernur Banten Wahidin Halim saat apel hari kesaktian Pancasila 1 Juni 2017, mengatakan akan menaikan gaji pegawai non PNS, agar sesuai dengan UMK. Sementara, yang mengalami perubahan gaji hanya honorer kategori 1 dan kategori 2.

Diungkapkan, gaji pegawai non PNS di Pemprov Banten saat ini adalah sebesar Rp700 ribu per bulan (Untuk lulusan SD dan SMP), kemudian untuk lulusan SMA Rp900 ribu, D3 Rp950 ribu, S1 Rp1 juta, S2 Rp1,25 juta.

Diketahui, saat ini jumlah pegawai non PNS yang tidak masuk ke dalam kategori 1 dan kategori 2 ada sekitar 6.000 pegawai. Pegawai tersebut tersebar di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Banten, termasuk di unit-unit pelayanan seperti RSUD Banten dan UPT-UPT. [ard/idr]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Empat Tuntutan Pegawai Non PNS Pemprov Banten Kepada Gubernur
Top