Sabtu, 06 Juni 2020 |
Pariwisata - News Gallery

Ini Destinasi Wisata di Jalur Mudik Pantai Selatan 

Selasa, 05 Jun 2018 | 17:00 WIB Dibaca: 470 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Tradisi mudik atau pulang kampung menjadi hal yang umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia jelang hari raya lebaran. Tidak heran beberapa lokasi seperti stasiun kereta api, bandara dan sejumlah ruas tol pun sejak H-7 lebaran akan dipadati oleh pemudik.

Khusus bagi para pengguna kendaraan roda empat, melakukan mudik bukan hanya sekedar pulang kampung. Sebab, di sepanjang jalur mudik ternyata menyimpan banyak destinasi wisata yang bisa Anda singgahi.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi, Dadang Rizki Ratman saat ditemui awak media dalam acara buka bersama di Redtop Pecenongan Jakarta Pusat, menjelaskan Kementerian Pariwisata diketahui telah menyiapkan beberapa destinasi yang bisa dikunjungi para pemudik.

"Ada beberapa yang sudah disiapkan terutama di jalur mudik Pantai Utara,  Pantai Selatan tempat mudik disiapkan tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi," kata Dadang, Senin 4 Juni 2018.

Dia menyebutkan beberapa wilayah seperti Yogyakarta, Bandung, dan Garut merupakan daerah yang dinilai siap menerima kunjungan wisatawan pemudik menggunakan jalur Pantai Selatan (pansela).

"Mereka memiliki pengalaman bertahun-tahun untuk menerima kunjungan mudik. Siap melayani, menyambut wisatawan dengan memberikan pelayanan terbaik, contoh kalau lebaran ke Cipanas berjalan baik, tidak tiba-tiba karyawannya libur ikut mudik," ungkapnya.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mempromosikan beberapa wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan, terutama bagi mereka yang menggunakan jalur nasional lintas Pantai Selatan Jawa atau Pansela.

Untuk lokasi wisata jalur Pansela Banten dan Jawa Barat saja, setidaknya terdapat 16 lokasi wisata, seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Geopark, Pantai Arafa, Jembatan Cilaki, Puncak Guha, Pantai Karangtawulan, hingga Pantai Batu Hiu.

Adapun untuk Pansela Jawa Tengah, lokasi wisata yang dapat dijumpai di antaranya, Pantai Teluk Penyu, Pantai Nusakambangan, Pantai Bopong, Pantai Jetis, Pantai Nampu, hingga Waduk Gajahmungkur.

Sedangkan untuk Pansela Jawa Timur, setidaknya terdapat 36 lokasi wisata yang dapat dijumpai, dimulai dari Pantai Congot, Pantai Gesing, Pantai Ngobaran, Pantai Baron, Pantai Nglambor, Pantai Wediombo, hingga Pantai Sadeng.

Sebagai informasi, Pansela Jawa terdiri dari empat provinsi, yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta yang sudah tersambung sepenuhnya, dan satu provinsi yang belum tersambung sepenuhnya yakni di Jawa Timur. Adapun lebar jalur Pansela berkisar 5 meter sampai 7 meter dengan kondisi jalanan antara baik hingga sedang.  [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Destinasi Wisata di Jalur Mudik Pantai Selatan 
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top