Jumat, 03 April 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Ini Dampak Menggunakan KB IUD yang Harus Anda Ketahui

Jumat, 16 Des 2016 | 00:05 WIB Dibaca: 960 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Tren memasang KB IUD belum lama ini disukai para ibu muda. Namun, alangkah baiknya Anda harus tahu efek sampingnya.

Ketika baru melahirkan, usahakan memilih jenis KB yang tepat. Tapi pada umumnya, semua tindakan berisiko dengan efek sampingnya.

Ada efek samping yang wajib Anda tahu sebelum memilih KB IUD. Berikut penjelasannya.

Menstruasi tidak teratur.

Salah satu efek samping yang paling umum dari penggunaan IUD adalah wanita mengalami gangguan menstruasi yang cukup parah. Biasanya di saat menstruasi, Anda mengalami nyeri bahkan bisa mengarah ke perdarahan.

Perdarahan akibat robeknya jaringan rahim.

Pada saat menyisipkan IUD ke dalam rahim bisa saja tidak pas pada posisi saat memasangnya. Akibatnya, jaringan rahim terganggu, bahkan bisa menyebabkan robek yang menjadikan diri Anda mengalami perdarahan hebat.

Efek samping psikologis.

Biasanya wanita yang menggunakan KB IUD akan mudah mengalami mual, perubahan suasana hati, sakit kepala dan jerawat dan nyeri payudara. Tapi biasanya gejala ini hilang setelah beberapa bulan kemudian.

Kista ovarium.

KB IUD juga dapat menyebabkan munculnya kista yang tumbuh di bagian ovarium. Terutama jika KB ini dipasang terus-menerus tanpa putus selama hidupnya.

Penyakit radang panggul.

Saat memasukkan KB IUD setelah melahirkann biasanya menyebabkN iritasi. Pada kasus berat, Amda dapat menderita penyakit radang panggul yang sangat berbahaya. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Dampak Menggunakan KB IUD yang Harus Anda Ketahui

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top