Jumat, 23 Februari 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Ini Bahayanya Jika Wanita Kelebihan Hormon Estrogen

Minggu, 14 Jan 2018 | 00:02 WIB Dibaca: 184 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Bagaimana sikap wanita saat menstruasi? Jangan ditanya. Wanita bisa saja berubah seketika menjadi lebih galak dan emosional karena mengalami mood swing.

Hormon estrogenlah penyebabnya. Hormon ini dikenal dengan hormon seks. Keberadaannya penting untuk perkembangan seksual dan reproduksi, terutama pada wanita.

Fungsi estrogen pada wanita juga beragam. Ia membantu tubuh untuk memulai perkembangan seksual, seperti mengatur siklus menstruasi dan mempengaruhi sistem reproduksi. Selain itu, kadarnya dalam tubuh wanita haruslah seimbang dengan hormon lainnya, tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah.

Meskipun hormon estrogen memiliki banyak manfaat bagi wanita, namun dalam beberapa kasus jika seseorang memiliki kelebihan hormon estrogen akan menjadi hal yang buruk dan berdampak pada kesehatannya. Misalnya meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, gangguan PMS, dan munculnya kanker di organ reproduksi.

Berikut ini beberapa efek samping kelebihan hormon estrogen yang perlu Anda waspada.

1. Kenaikan berat badan
Kenaikan berat badan adalah salah satu efek samping kadar estrogen tinggi. Pasalnya, kadar estrogen yang tinggi bisa memicu peningkatan nafsu makan pada wanita.

2. Gairah seks rendah
Dorongan seks wanita bisa dipengaruhi oleh kadar estrogen yang tinggi. Jika seseorang memiliki kelebihan hormon estrogen maka akan berdampak pada penurunan gairah seksualnya akibat penurunan kepekaan dinding vagina terhadap rangsangan.

3. Penumpukan cairan dalam tubuh
Kelebihan hormon estrogen juga akan membuat tubuh menyimpan lebih banyak air dan garam di dalam tubuh.

4. Kanker payudara
Kanker payudara adalah efek samping dari kadar estrogen yang tinggi.

5. Endometriosis
Memiliki hormon estrogen yang tinggi bisa memicu timbulnya endometriosis.

6. Masalah tiroid
Disfungsi tiroid bisa disebabkan akibat tingginya kadar estrogen. Pasalnya kadar estrogen yang tinggi menyebabkan produksi globulin pengikatan tiroid berlebihan oleh hati. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Bahayanya Jika Wanita Kelebihan Hormon Estrogen

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top