Senin, 10 Mei 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Ini Bahayanya Jika Anak Sering Menelan Pasta Gigi

Jumat, 04 Nov 2016 | 06:33 WIB Dibaca: 1284 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Anak paling sering memiliki masalah kesulitan berkumur. Jika dia menggosok gigi dengan pasta fluoride, pasti akan tertelan. Ada efek sampingnya Moms, jika Anda tidak menghentikan penggunaan pasta gigi tersebut.

Spesialis Dokter Gigi Anak drg Udijanto Tedjosasongko SpKGA(K) PhD menjelaskan, penggunaan pasta gigi fluoride bagus untuk mencegah karies. Tapi kalau sampai tertelan berlebihan, bisa membahayakan gigi si kecil.

"Kalau anak-anak tidak bisa berkumur baik, bisa mengakibatkan akumulasi dalam bahan fluoride yang akan memengaruhi organ dalam tubuh, yang menjadi toxin," terang drg Udi saat ditemui di Jalan Riau, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Bahkan, jika terlalu sering menelan pasta gigi fluoride, bisa mengakibatkan masalah fluorosis. Kondisinya, pada permukaan gigi si kecil muncul warna putih seperti kerak. Umumnya, hal itu baru muncul ketika si kecil beranjak dewasa.

Memang, pada dasarnya pasta gigi anak dibuat dengan kandungan fluoride rendah, sekaligus memiliki cita rasa yang disukai si kecil. Namun sebagai orangtua, Anda harus mencegah anak mendapati masalah pada kesehatan giginya sejak kecil.

Kalau memang anak belum mampu berkumur, jangan berikan dia pasta gigi. Tetapi, anak boleh menggosok gigi dengan sikat gigi yang lembut dengab teknik yang benar. Kemudian, ajak si kecil membersihkan giginya dengan menggunakan air hangat saja. [04]

Penulis: Okz
Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Bahayanya Jika Anak Sering Menelan Pasta Gigi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top